Home / Artikel / 2 Hal Paling Penting Dalam Memilih CRM

2 Hal Paling Penting Dalam Memilih CRM

Nataproptech.com, Tangerang – CRM atau Customer Relationship Management saat ini menjadi sebuah primadona bagi pelaku bisnis baik itu yang berskala kecil, menengah, maupun besar. Efisiensi dalam mengatur hubungan antara perusahaan dan pelanggan serta pemetaan strategi marketing yang lebih efektif menjadi alasan utama mengapa CRM begitu diminati. Namun, Anda harus memahami 2 hal penting berikut ini sebelum memilih layanan CRM dari sebuah perusahaan penyedia layanan CRM.

Berkembangnya pola hidup masyarakat juga turut mempengaruhi perubahan dalam segala hal. Salah satunya pada strategi bisnis. Menggunakan CRM sebagai strategi bisnis merupakan sebuah upaya dalam mengikuti perkembangan zaman. Akan tetapi, sistem CRM pun harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Anda sebagai pemilik bisnis yang akan menggunakan CRM untuk membantu mengoptimalkan strategi bisnis harus memahami hal ini. 
Sistem CRM harus memiliki sebuah pendekatan baru pada produk, aplikasi, perusahaan, dan juga customer. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan 2 hal penting di bawah ini sebelum memilih jasa penyedia layanan CRM

1. Connect Experience
Sebuah sistem CRM harus mampu menghubungkan banyak fungsi sekaligus dari mulai marketing hingga manajemen penjualan. Inti dari CRM memang mengembangkan hubungan perusahaan dengan customer menjadi lebih efektif sehingga customer akan loyal pada perusahaan. Akan tetapi, tanpa platform yang terintegrasi pada aspek lain seperti marketing dan manajemen sales, maka perusahaan pun akan kurang maksimal dalam menciptakan solusi bisnis.

2. Connected Data
Poin kedua yang harus diperhatikan adalah data yang terintegrasi secara real-time. Data pelanggan yang masuk bisa dikelola untuk menciptakan sebuah starategi marketing ke depannya. Namun hal ini baru bisa dilakukan jika sistem CRM yang Anda gunakan memiliki sebuah business intelligence. Dengan business intelligence yang terintegrasi secara real-time ini, Anda bisa membaca behavior pelanggan dalam waktu yang singkat. 

Itulah 2 hal penting yang harus anda perhatikan sebelum memilih CRM. Kedua hal tersebut berkesinambungan dalam menciptakan sebuah strategi bisnis yang efektif. Dengan hal itu, Anda sebagai pelaku bisnis akan dapat memahami customer Anda dan memberikan apa yang paling mereka butuhkan dengan produk Anda. (AI)