Home / Artikel / 3 Negara Diprediksi akan Pimpin Perkantoran Asia usai Pandemi

3 Negara Diprediksi akan Pimpin Perkantoran Asia usai Pandemi

Nataproperty.com, Tangerang – Sektor properti menjadi salah satu bidang kehidupan yang turut terdampak pandemi corona. Terlihat semenjak penerapan Work From Home atau WFH, akitivitas di bidang perkantoran pun menjadi menurun pesat karena masyarakat terpaksa harus bekerja dari rumah. Hal ini tentu menuntut pemerintah di sejumlah negara untuk menerapkan sejumlah penanganan dan usaha terbaik untuk tetap menstabilkan kondisi ekonomi dan bidang properti di tengah pandemi.


Terdapat berbagai negara di wilayah Asia yang berhasil melawan pandemi dengan membangkitkan bidang properti yang dapat dioptimalkan. Dilansir dari kompas.com, Colliers International bahkan telah menyatakan tiga negara yang berhasil memimpin pemulihan gedung di sektor perkantoran, yakni India, China, dan Singapura.


Pendataan ini terlihat dari kebangkitan permintaan gedung perkantoran di ketiga wilayah tersebut yang mengalami peningkatan. Tercatat dari perkembangan salah satu wilayah di India yang bernama Bangalore, yang kini telah menjadi pusat teknologi utama se-Asia Pasifik, peningkatan permintaan gedung perkantoran mengalami angin segar di tengah pandemi. Sama halnya dengan wilayah China dan Singapura yang juga sudah melakukan penanganan Covid-19 secara maksimal hingga menimbulkan kenaikan permintaan gedung.


Setidaknya terdapat empat hambatan yang harus diatasi guna mendukung kebangkitan sektor properti, antara lain adalah evolusi ruang kerja yang fleksibel, peminatan investor pada masa pandemi, dan aspek fundamental perkantoran serta ruang kerja yang baru. Itulah mengapa, diharapkan wilayah Indonesia khususnya Jakarta yang masih menjadi pusat bisnis, dapat beralih strategi dan meningkatkan transaksi sewa guna usaha di pasar properti. (JES)