Home / Artikel / 6 Teknologi Rumah untuk Menghemat Energi

6 Teknologi Rumah untuk Menghemat Energi

Ini Dia 6 Teknologi Rumah untuk Menghemat Energi

Nataproperty.com - Tangerang - Seiring berkembangnya teknologi, pemakaian energi pun ikut meningkat terutama pemakaiannya dalam rumah tangga. Alat-alat rumah tangga seperti kulkas, setrika, air conditioning, dan banyak lainnya membutuhkan energi yang cukup banyak dalam penggunaannya. Pemakaian energi yang sangat banyak ini membuat beberapa inovator mulai berpikir untuk masa depan. 

Dilansir dari energy.gov, beberapa terobosan teknologi untuk mengurangi tingkat pemakaian energi telah dibuat. Berikut beberapa teknologi baru tersebut. 

1. Smarthome 
Perkembangan teknologi telah merambah ke dunia properti. Ini terbukti dengan banyaknya perangkat keras rumah seperti AC, lampu, dan lainnya yang terhubung dengan internet sehingga Anda dapat memantau dan mengurangi konsumsi listrik. 

2. Ultra-efficient Heat Pumps
The Building Technologies Office tengah membuat sistem pemompa panas masa depan yang dapat mendinginkan maupun menghangatkan rumah Anda dengan cara memindahkan panas dari satu ruang ke ruang lain. 

3. Pengering Pakaian Berbasis Karbon
Alat ini akan memiliki konsep yang sama dengan teknologi pemompa panas sebelumnya namun alat ini dapat memiliki fungsi lain yaitu sebagai pengering pakaian Anda. Laboratorium Negara Oak Ridge dan General Electric tengah mengembangkan alat pengering pakaian baru yang memanfaatkan siklus pemompa panas untuk menghasilkan panas yang dapat digunakan untuk mengeringkan pakaian. 

4. Lemari Es Magnetik
Laboratorium Oak Ridge dan General Electric bekerjasama untuk membuat lemari es revolusioner yang menggunakan magnet untuk mendinginkan dan menurunkan suhu di dalamnya. Teknik ini disebut dengan magnetocaloric effect yang berarti menurunkan dan menaikkan suhu dengan menggunakan medan magnet. Selama yang Anda ketahui, lemari es menggunakan zat pendingin yang berbahaya untuk lingkungan. 

5. Next-Gen Insulation
Insulasi atau penyekatan adalah salah satu hal penting dalan rumah agar dapat mengurangi energi dalam penggunaan pendingin ruangan. Industrial Science dan Technology Network tengah mengembangkan busa sekat baru yang terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Nantinya, penyekat busa ini dapat lebih efektif dalam mencegah udara sejuk keluar dari ruangan. 

6. Atap Berbahan Reflektif 
Berkat pengembangan dari Laboratorium Lawrence Berkeley dan PPG Industries, terciptalah atap yang dapat membuat rumah Anda sejuk karena mengandung material pigmen khusus yang dapat memantulkan sinar matahari dan menyerap sedikit panas. Inovasi ini jelas akan membuat penggunaan AC untuk mendinginkan ruang menjadi berkurang. (AKB)


What's On