Home / Artikel / Apa Manfaat ERP System dalam Dunia Properti?

Apa Manfaat ERP System dalam Dunia Properti?

Nataproptech.com, TangerangEnterprise Resource Planning atau yang biasa disingkat sebagai ERP merupakan sebuah konsep yang menekankan pada konsep planning atau perencanaan. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menerapkan sistem ERP ke dalam sistem perencanaan perusahaan mereka. Dalam dunia properti, sistem ERP juga dapat diterapkan ke dalam masing-masing perusahaan developer properti. Lalu, apa sih manfaat dari ERP System dalam dunia properti itu?

Seperti yang telah kita ketahui, ERP memiliki fungsi umum yaitu untuk membantu perusahaan-perusahaan besar dalam mengatasi permasalahan yang cukup kompleks dalam dunia bisnis. Ada berbagai jenis fungsi-fungsi yang terus ditambahkan dalam sistem ERP tersebut yang dapat membantu perusahaan untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks tersebut. Keuntungan penggunaan sistem ERP tidak hanya berdampak bagi perusahaan tetapi juga untuk client dari perusahaan itu sendiri.

Pada umumnya, perusahaan yang belum menerapkan sistem ERP memiliki sistem yang terpisah-pisah untuk masing-masing fungsi. Ketika menggunakan ERP, semua fungsi yang terpisah-pisah tadi dapat terintegrasi menjadi sebuah sistem besar yang dapat mengerjakan fungsi-fungsi perusahaan secara bersamaan. 


ERP System dapat juga diterapkan dalam dunia properti. Penerapannya sama seperti menerapkan ERP terhadap perusahaan-perusahaan pada umumnya. Dalam dunia properti, terdapat beberapa fungsi-fungsi yang sering digunakan, seperti, fungsi penjualan, pembelian, perhitungan pajak, dan lain sebagainya. Menggunakan sistem ERP dapat membuat semua fungsi-fungsi tersebut dapat dikerjakan dalam sebuah sistem yang sama.

Penerapan sistem ERP dapat sangat membantu perusahaan developer properti dalam menjalankan bisnis properti. Sehingga perusahaan developer properti dapat mengerjakan semua fungsi dalam satu program besar yang sudah terintegrasi. Penggunaan sistem ERP dalam dunia properti akan sangat membantu perusahaan developer properti agar dapat membuat perencanaan serta memantau proses yang sedang berjalan. Sistem ERP ini juga dapat membantu perusahaan developer properti untuk mengintegrasikan fungsi dan transaksi real time.

Laporan hasil sistem ERP yang telah dihasilkan dapat membantu pihak perusahaan developer properti untuk mengambil keputusan-keputusan penting yang strategis dan tepat sasaran. Penggunaan sistem ERP dalam dunia properti juga dapat meningkatkan pendapatan bagi perusahaan developer properti.(CL)


What's On