Home / Artikel / Berkenalan dengan Konsep Smart Home

Berkenalan dengan Konsep Smart Home

Nata PropTech, Tangerang - Rumah merupakan hal terpenting bagi setiap insan yang ada di dunia. Sebagai tempat berlindung dari triknya mentari dan derasnya hujan, manusia perlu mendirikan rumah. Jika dahulu nenek moyang hanya berbekal kayu dan pelepah untuk mendirikan rumah, kini kebutuhan untuk mendirikan rumah semakin bertambah guna mendapatkan perlindungan yang kokoh dan juga nyaman ditempati.

Seiring berkembangnya teknologi, kecanggihan dalam arsitektur rumah semakin menjadi. Di awal era milenial, para pakar teknologi membuat trobosan baru dengan memodernisasi pagar yang dapat terbuka sendiri. Sang pemilik hanya perlu menekan tombol tertentu untuk membuka pagar tanpa harus bersusah payah melakukannya secara manual.

Namun, hal tersebut sudah terlihat kuno. Kini, semua kontrol rumah dapat diatasi hanya dengan sentuhan melalu smartphone. Sistem canggih ini diluncurkan pada tahun 2015 oleh Smart Technology Indonesia (STI) dalam perhelatan pameran Indonesia Innovations & Innovators Expo (i3E) empat tahun silam yang menghadirkan Marthomio Building.

Dalam acara tersebut, pihak promotor mendomonstrasikan kecanggihan smart home dengan sentuhan smartphone, baik itu untuk menyalakan lampu, membuka pintu secara otomatis, hingga mengecek kadar kelembapan tanah. 



"Kini mereka sudah bisa mengontrol peralatan rumah mereka sendiri melalui smartphone, mau itu nyalain lampu dengan sensor cahaya, buka pintu secara otomatis, mengecek kadar kelembapan tanah," ujar Nur Hakim, selaku Head Of STI, seperti yang dilansir dari Okezone pada tahun 2015 silam.

Dia juga menambahkan dengan adanya fitur ‘smart door and window’ keadaan pintu dan jendela rumah lebih terlihat elegan dan tentu tidak mengesampingkan kesan aman dengan kunci digital. Untuk membuka atau mengkunci pintu, pemilik rumah bisa menggunakan kartu, pin, WiFi, dan tentu smartphone. Cara kerjanya pun dinilai cukup mudah, pemilik hanya perlu menempelkan ponsel ke sensor yang ada di depan rumah.

Teknologi smart home sangat berguna, Nur Hakim menjelaskan ketika pulang kerja dan ternyata kunci rumah ketinggalan di kantor, atau pinnya lupa, pintu rumah masih bisa dibuka dengan smartphone ini karena sudah terintegrasi tentunya sangat memudahkan.

Kecanggihan rumah dengan teknologi smartphone tidak berhenti sampai di situ, pemilik juga dapat mengontrol pencahayaan rumah tak peduli terpaut jarak yang cukup jauh asalkan jaringan internet di rumah stabil dan tak terganggu.  Jadi, apakah kamu ingin memiliki rumah dengan konsep Smart Home? (MDA)


What's On