Home / Artikel / Eye Tracker, Teknologi Unik untuk Bisnis Properti

Eye Tracker, Teknologi Unik untuk Bisnis Properti

Nataproperty.com, Tangerang – Mungkin kalian sudah tahu apa itu PropTech, tapi bagaimana dengan eye tracking? Eye tracking adalah salah satu bentuk dari teknologi yang berfungsi untuk mengamati gerak bola mata pengunjung, konsumen, pembeli, investor, dan aneka orang lainnya yang datang untuk melihat properti Anda! Eye Tracking ini dapat menghasilkan sudut pandang yang sama sekali baru dan berbeda mengenai perilaku konsumen yang tidak dapat diberikan oleh aneka metode riset konvensional lain seperti survei atau wawancara. Cara kerja dari sistem Eye Tracker ini sebenarnya sangat sederhana, hanya saja proses pembuatan serta aplikasinya di dunia nyata, terutama saat berhadapan dengan banyak orang sekaligus, terbilang cukup rumit. Pertama, Anda bisa memakai alat khusus yang punya bentuk mirip helm, seperti headset VR, hanya saja lebih sederhana. Dari alat yang dipakai di kepala ini, lensa kontak yang terpasang di bagian ujung alatnya untuk menangkap gerakan mata Anda dan mengumpulkan data. Biasanya konsumen atau pengunjung diminta memakai alat ini sambil melakukan berbagai tugas atau tes kecil, yang tidak beda jauh dari pemeriksaan dokter... dan sayangnya tidak bisa diaplikasikan secara luas, apalagi untuk bisnis properti. Nata Property atau Nata PropTech akan membahas penggunaan yang lebih luas dan bisa diterapkan di industri jual beli properti dalam paragraf berikutnya!

Bagaimana penggunaan Eye Tracking yang baik dan bisa berguna bagi penjualan atau investasi properti kita di masa sekarang dan juga masa depan? Jawabannya adalah teknik Eye Tracking magnetik dan listrik, di mana Eye Tracking menggunakan pantulan cahaya, gerakan motorik, serta sinyal listrik yang dihasilkan mata, sinar matahari, serta udara sekitar untuk mengetahui gerakan mata kita. Setelahnya, data yang dikumpulkan itu disaring dan dianalisa, untuk mengetahui berbagai hal yang membuat Anda tertarik dalam perihal bisnis properti! Apakah Anda lebih suka rumah atau apartemen, apakah Anda lebih memilih 2 lantai atau 1 lantai, tipe tempat parkir serta fasilitas yang diinginkan, dan masih banyak lagi! Semua data hasil analisa teknolgi ini akan menjadi acuan untuk perencanaan Anda dalam mengembangkan properti dan rencana open house serta model bisnis berikutnya. Walau tidak 100% akurat, tapi penting untuk mengurangi waktu produksi dan mampu membantu dalam memberi ide baru!

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai Eye Tracking yang sangat berguna dalam sektor investasi properti! Semoga kita bisa membahas PropTech menarik lainnya di artikel berikutnya!


What's On