Home / Artikel / Hunian HighTech dengan Teknologi Smart Home

Hunian HighTech dengan Teknologi Smart Home

Nataproperty, Tangerang–Pesatnya perkembangan teknologi berjalan dinamisdan juga merambah bidang properti. Salah satunya adalah penerapan konsepsmart home yang mengaplikasikan beragam teknologi canggih dalam sistem rumahmodern.Konsep ini dimaksudkan agar rumah dan perlengkapannya mudah digunakandan mampu meningkatkan kualitas hidup para penghuninya.

Smart home merupakan inovasi dariInternet of Things(IoT), dimana semuabenda atau perabotan kebutuhan sehari-hari ‘dipintarkan’ karena terintegrasiteknologi dalam bentukchip serbabisa yang ada di dalamnya.IoT akan hadirdalam bentuk barang-barang yang biasa ditemui di rumah orang kebanyakan.

Smart home hadir untuk memudahkan Anda dalam mengatur segalahal di dalam rumah, mulai dari keamanan hingga akses perabotan yang dibuatlebih interaktif dan bisa ‘dikontrol’ melalui satu alat saja dengan aplikasiatau perangkat lainnya.

DiIndonesia sendiri,smart homemasihdalam tahap pengenalan kepada masyarakat, karena teknologi ini memasuki keranah paling intim, yaitu keluarga. Adanyagapanatara umur dan budaya dalam menggunakan teknologi dan internet bisamempersulit sistemsmart home untukdapat dengan mudah diterima dan digunakan oleh masyarakat di Indonesia.

Sistempada teknologi ini bisa sangat membingungkan para pengguna yang mulai darigenerasi milenial, sampai yang belum pernah membiasakan diri dengan internetkarena sistemnya yang serba otomatis.

Konseprumah pintar ini didominasi oleh aplikasi teknologi. Aplikasi inilah yangmemudahkan penghuni rumah maupun Apartemen untuk menyalakan dan mematikanlampu, mengaktifkan AC, TV, perangkat elektronik, hingga sistem otomasi untuk operasi pintu dan jendela, hanya melaluiremote atausmartphone.

Keunggulanlain dalamsmart home adalah meskipunAnda harus meninggalkan rumah selama berhari-hari, tidak perlu khawatir.Smart home memiliki kemampuan untukmemproteksi isi ruangan. Beberapa pengbangmengaplikasikan teknologi pada rumahAnda yangmemungkinkan untuk membuka dan menutup tirai melalui komputer ataugadget.

Pada konsepsmarthome, segala pengaturan produk elektronik mulai dari televise, DVD,sound system, hingga lampu akan dikendalikan dalam sebuahgadget. Andacukup mengontrolnya sehingga tidak perlu khawatir dengan jumlahremote yang banyak. Jadi, tertarikkahAnda untuk memilikismart home?(EC)


What's On