Home / Artikel / Ingin Rumah Kontainer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Rumah Kontainer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Rumah Kontainer? Kenali Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Nataproperty.com, Tangerang - Pada dasarnya, tidak ada patokan khusus dalam membuat rumah. Ada lebih dari ribuan model rumah yang masing masing memiliki desain dan material yang unik. Salah satu tren rumah yang sedang merebak sekarang adalah rumah kontainer. Sesuai dengan namanya, rumah ini dibuat dari kontainer atau peti kemas, baru ataupun bekas. Rumah dengan material ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Baca rangkumannya di bawah ini.

Kelebihan Rumah Kontainer 

1. Dapat Dikustomisasi Sesuai Keinginan
Menggunakan kontainer untuk bangunan itu seperti seorang seniman yang akan melukis di atas kanvas. Semua jenis peti kemas sama, hanya berbeda ukuran, namun hal yang dapat dibuatnya bisa beraneka ragam. Semua bergantung dengan kreativitas sang arsitek. Di Indonesia sendiri, peti kemas ini banyak dimanfaatkan untuk membuat kedai kedai makanan dengan berbagai desain yang unik. Mudahnya untuk kustomisasi kontainer menjadi salah satu alasan banyaknya bangunan ini untuk kafe. 

2. Go Green
Kontainer bekas biasanya hanya teronggok di tempat penampungan saja dan dibiarkan berkarat dari waktu ke waktu. Namun dengan menggunakannya kembali untuk tujuan lain yaitu membuat rumah, kita telah ikut andil dalam gerakan go green. Dengan menggunakan peti kemas bekas kita melakukan daur ulang dan itu sangat membantu dalam siklus penggunaan besi. 

3. Terjangkau 
Walaupun properti kontainer tidak selalu lebih murah dari pada rumah konvensional pada umumnya, namun beberapa orang dapat menghemat budget mereka. Kuncinya adalah membiarkan peti kemas itu dalam keadaan apa adanya, jangan terlalu banyak merubahnya.

4. Kuat 
Hal ini sudah pasti bukan? Peti kemas dibuat dari besi baja yg dikhususkan untuk perjalanan jauh melewati lautan luas maka pastilah benda ini sangat kuat. Kemampuan kontainer yang dapat membawa muatan berat dan dapat bertahan lama membuat nya sangat cocok digunakan untuk konstruksi bangunan. 

Ada kemudahan yang diberikan, akan ada pula tantangan nya. Sebagai berikut.

1. Efisiensi Energi
Besi adalah konduktor bagi panas dan dingin, hal itu adalah umum yang pastinya sudsh diketahui oleh perancang bangunan. Peti kemas memiliki celah-celah yang dapat membuat udara masuk. Hal ini akan buruk apabila terdapat musim dingin atau panas. Saat musim dingin, pemanas yang ada didalam tidak akan bekerja optimal karena celah celah itu. Begitupun saat musim panas ketika menyalakan pendingin ruangan. AC tidak akan berfungsi optimal. Oleh karena itu, menyekat celah dari luar dalam itu sangat penting bagi rumah kontainer. 

2. Masalah Kesehatan
Tinggal di dalam kontainer memiliki bahaya kesehatan tersendiri. Hal ini karena kita mungkin kita tidak tahu peti kemas digunakan untuk apa sebelumnya. Walaupun sudah dibersihkan secara menyeluruh, sisa-sisa bakteri berbahaya mungkin masih menempel. 

3. Karat
Besi pasti akan berkarat dari waktu ke waktu. Dan karat itu akan memakan struktur besi itu sendiri dari tahun ke tahun. Walaupun dapat diatasi dengan pemberian cat anti karat. Namun, tetap tidak bisa mengelak dari apa yang akan terjadi pada besi. (AKB)


What's On