Home / Artikel / Internet of Things: Masa Depan Ekonomi Digital Indonesia

Internet of Things: Masa Depan Ekonomi Digital Indonesia

NataProptech.com , Tangerang - Internet of Things (IoT) memiliki prospek ekonomi digital yang menjanjikan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Indonsia diharapkan dapat mengadopsi IoT dan memanfaatkannya dengan maksimal.

IoT adalah sebuah konsep di mana suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer IoT. Dari beberapa riset, inilah salah satu dominasi integrasi dengan teknologi yang telah ada.

Internet of Things sedang dibahas belakangan ini. Ini adalah hal "berikutnya" dalam teknologi saat ini. Berbagai perusahaan berusaha untuk mengikuti gelombang inovasi baru yang menjanjikan ini.

Telah muncul beberapa keberhasilan komersial awal di industri IoT. Misalnya, termostat Nest memungkinkan Anda untuk memantau dan mengontrol suhu rumah Anda dari mana saja dengan perangkat pintar Anda. Selain itu, Nest juga memiliki spesialisasi sebagai detektor asap.

Ada semakin banyak peralatan, perangkat, dan elemen dalam rumah modern yang sedang online dan diakses melalui perangkat pintar. Sebagian besar orang pernah mendengar tentang Nest tetapi itu hanya satu contoh dari lini produk yang berkembang pesat. Ada juga pencahayaan Wi-Fi, remot jarak jauh, pintu yang dikunci secara digital, sistem pemantauan keamanan atau CCTV, Smart TV, dan banyak lagi.

Semua peralatan, sistem, dan perangkat ini mengandung sensor yang menghubungkannya ke jaringan. Di sinilah IoT hadir, dan apa yang menjadikannya bagian integral dari otomatisasi rumah. IoT benar-benar rahasia yang membuat seluruh sistem ini bekerja.

Disinilah segalanya mulai menjadi menarik. Semakin banyak perangkat yang memasuki ruang otomatisasi rumah sehingga menelurkan pertumbuhan yang luar biasa.

Meskipun "otomatisasi rumah" adalah pasar tahap awal, industri ini penuh dengan janji yang menarik. Jika Anda seorang pemimpin/pemilik usaha kecil, dan ingin menjelajahi otomatisasi rumah, mulailah sekarang dengan memasukkan Internet of Things ke dalam portofolio strategi Anda untuk beberapa tahun ke depan.

Setelah Anda merasa nyaman dengan IoT, maka Anda akan siap untuk otomatisasi rumah. Internet of Things dan otomatisasi rumah pasti akan menjadi dasar bagi gelombang industri baru di tahun-tahun mendatang. Bisnis yang terlibat dalam aksi sekarang akan menuai manfaat dan meningkatkan keunggulan kompetitif mereka di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang. (AW)