Home / Artikel / Kegunaan Sistem CRM Bagi Dunia Properti

Kegunaan Sistem CRM Bagi Dunia Properti

Nataproptech.com, Tangerang – Kegunaan Sistem CRM bagi dunia properti tentu sangat banyak. CRM Sendiri sebenarnya adalah sebuah strategi bisnis baru di era digital yang semakin marak digunakan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, istilah CRM semakin dikenal sebagai sebuah produk IT berupa perangkat lunak atau software yang membantu perusahaan dalam memahami customer atau target market mereka. 

Sistem CRM bertindak sebagai repository yang mengintegrasikan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, strategi, dan pengelolaan tenaga penjualan dalam satu sistem. Oleh sebab itulah CRM banyak digunakan dalam bisnis di berbagai sektor industri karena praktis dan dapat memangkas banyak biaya. 

Kegunaan sistem CRM bagi dunia property sendiri antara lain adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan hubungan dengan prospek
Seluruh data yang masuk tentang prospek atau calon pembeli akan tersimpan dalam satu direktori. Informasi yang terkumpul itu dapat membuat Anda semakin memahami calon pembeli. Anda juga dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk melakukan komunikasi yang lebih intens dan berkualitas dengan prosek sesuai dengan kebutuhan mereka. Nantinya anda bisa memaksimalkan layanan terbaik untuk mereka.

2. Meninjau kinerja sales
Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya bahwa semua data akan tercatat dan terkumpul dalam satu direktori, termasuk di dalamnya data aktivitas penjualan yang terjadi. Dengan ini kinerja sales bisa dilacak menggunakan tools dalam CRM. 
Transaksi yang terjadi pun bisa tercatat dengan detail progresnya. Hal-hal seperti cicilan yang sudah dibayarkan, tanggal jatuh tempo, hingga unit yang terjual dan belum terjual pun tercatat di dalamnya. 

3. Memaksimalkan penjualan
Data yang terangkum akan menampilkan semua informasi tentang customer, baik itu yang membeli unit maupun yang hanya sebagai prospek. Dari informasi tersebut Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat sebuah strategi marketing baru yang lebih efektif.

Kegunaan sistem CRM bagi dunia properti sangat banyak. Di atas telah dirangkum menjadi 3 poin, namun sebenarnya dari poin-poin yang sudah dipaparkan di atas masih bisa dikembangkan lagi tergantung pada strategi tiap pemilik bisnis. Oleh karena itu, menggunakan CRM sebagai strategi bisnis untuk melancarkan penjualan tiap unit di project yang sedang Anda bangun sangatlah penting. Anda akan memangkas banyak biaya operasional dengan menerapkan CRM ini. (AI)