Home / Artikel / Kementerian PUPR Harap Seluruh Transaksi Properti Dilakukan secara Digital

Kementerian PUPR Harap Seluruh Transaksi Properti Dilakukan secara Digital

Nataproperty.com, Tangerang – Sesuaidengan arahan Presiden Joko Widodo yang telah menyiapkan program digatalisasidalam masa kenormalan baru, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) BasukiHadimuljono mengatakan, Ia berharap seluruh transaksi di bidang properti dapat turutdilakukan secaraonlinemelaluimedia digital yang ada.


Transaksi ini meliputi permohonan,pencarian rumah, hingga pengajuan kredit, semuanya dilakukan secara virtual dantanpa adanya visit langsung yang dapat menyebabkan peningkatan penyebaran viruscorona.


“Kita harus mulai instrumennyaseperti penandatanganan virtual untuk transaksi akad perumahan,” ujar Basukipada laman resmi kementrian PUPR, Jumat lalu. (5/6/2020)


Hal ini juga didukung oleh PT BankTabungan Negara Tbk (BTN) sebagai mana disampaikan oleh Direktur Hirwandi Gafar,yang menyatakan bahwa pihak bank telah membuatvirtual account bagi para nasabah agar dapat dengan mudah mencariproperti, dan mengajukan kredit untuk pembelian rumah melalui akun digital.


Tak hanya itu saja, melalui BadanLayanan Umum Pusat Pengelolaan dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP), terdapat jugaAplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) yang berfungsi untukmempermudah masyarakat dalam mencari dan menentukan rumah subsidi, terlebihbagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Aplikasi ini sudah beroperasi sejak 2019silam dan rencana akan terus dikembangkan guna mengoptimalkan program digitalisasiproperti di Indonesia ini.(JES)

 

 


What's On