Home / Artikel / Kenali Perbedaan SaaS, PaaS, dan IaaS!

Kenali Perbedaan SaaS, PaaS, dan IaaS!

Nataproperty.com, TangerangDi era jaman seperti sekarang ini, teknologi terus berkembang pesatsesuai dan semakin memudahkan berbagai aktivitas manusia. Salah satu buktikemunculan teknologi terbaru adalah layanan Saas atau yang kita kenal denganSoftware as a Service.


Software as a Service merupakanlayanan digital yang bisa memudahkan para penggunanya dalam mengoperasikansebuah aplikasi untuk tujuan tertentu. Seperti misalnya, Anda dapat mengunduhaplikasi Google Maps yang dapat berfungsi sebagai penunjuk jalan dan arah bagipara penggunanya.


Layanan Saas ini juga disediakanoleh Nata PropTech dimana terdapat Business Intelligence yang dapat memudahkanAnda untuk menganalisis laporan bulanan terkait bisnis properti yang Andajalani. Dalam layanan Saas ini Anda juga dapat melihat laporan bulanansales, laporan CRM, dan laporan darikonsumen.


Lantas, apa perbedaan SaaS denganPaaS dan IaaS? PaaS adalah Platform as a Service yang merupakan platformteratas yang membangun aplikasi pada Paas, seperti contohnya, jika Anda inginmenggunakan Google Maps, maka Paas yang menjadi platform layanan tersebutadalah Google.


Sedangkan IaaS merupakan bentukfisik pada server yang dapat meliputi jaringan, ruang data, ataupun server. LayananIaaS umumnya terhubung dengan sinyal internet, sehingga untuk menggunakannyaAnda memerlukan jaringan internet yang optimal.


Itulah perbedaan yang terdapat padaSaaS, Paas, dan IaaS. Ketiga layanan tersebut sebenarnya memiliki keunggulandan kekurangan masing-masing, sehingga penggunaannya pun harus disesuaikandengan kebutuhan yang memang Anda perlukan.(JES)


What's On