Home / Artikel / Kenali Perbedaan SEO dan SEM

Kenali Perbedaan SEO dan SEM

NataProperty.com, Tangerang – Bagi Anda yang baru terjun di dunia marketing, pastinya akan mengenal istilah SEO dan SEM. Bahkan sebagian mengatakan  SEO dan SEM tak ada bedanya, alias sama-sama mesin pencarian. Selain itu juga, SEO dan SEM dipakai untuk meningkatkan brand awareness dan trafik secara online.

Dengan mengandalkan mesin pencari, Anda sebagai pebisnis digital marketing tentu saja akan mendapatkan kemudahan dalam meningkatkan usaha promosi dan dapat menaikkan angka penjualan.

Dan banyak kalangan perusahaan yang mengandalkan SEO dan SEM. Perlu Anda ketahui, SEO (Search Engine Optimization) dan SEM(Search Engine Marketing) memiliki kegunaan yang berbeda dan Anda harus memahami keduanya dengan teliti.

SEO

SEO (Seacrh Engine Optimization) ialah teknik yang digunakan  untuk menempatkan situs web pada posisi yang strategis dikenal dengan istilah SERP (search engine result page) sesuai dengan keyword yang ditargetkan. Peran SEO di sini untuk menaikkan peringkat situs web di halaman mesin pencari dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci di situs web Anda.


SEM

SEM (Search Engine Marketing) memiliki arti yang sebenarnya sedikit mirip dengan SEO, yaitu untuk menampilkan situs web pada halaman pertama di Google. Hanya saja SEM memiliki cara yang berbeda. Jika SEO adalah mesin pencari yang gratis, maka SEM adalah mesin pencari yang berbayar. Media yang menggunakan SEM ini adalah Google Adwords.

Jika Anda menggunakan Google Adwords, maka situs web anda akan berada pada halaman pertama Google. Dan biasanya pengguna SEM lebih identik ke penawaran suatu produk. Dan biasanya yang menggunakan SEM ini untuk beriklan di search engine adalah toko online yang mempunyai produk untuk dijual.

Nah, jika ada pertanyaan seperti 'mana yang lebih efektif, SEM atau SEO kah?' Jawabannya adalah masing-masing dari SEO dan SEM memiliki keunggulan dan fungsu tersendiri. Tergantung potensi Anda untuk memilih SEO atau SEM.

Jika Anda menginginkan poensi yang mendapat respon besar, Anda bisa memilih SEM untuk trik promosi. Sekalipun membutuhkan biaya, namun SEM memiliki dampak yang cukup besar. Sedangkan SEO membutuhkan biaya sedikit tetapi utnuk mendapatka pengunjung potensial juga berpeluang besar. (ES)