Home / Artikel / Khawatir Hunian Anda Terkena Banjir? Awasi dengan 3 Aplikasi Canggih Ini!

Khawatir Hunian Anda Terkena Banjir? Awasi dengan 3 Aplikasi Canggih Ini!

Nataproperty.com, Tangerang – Baru-baru ini musibah banjir melanda sebagian wilayah di Jabodetabek. Ribuan hunian telah hancur dan rusak akibat air kotor yang masuk ke rumah para warga. Dengan kondisi cuaca yang semakin tidak menentu, pasti Anda menjadi takut hunian Andaakan turut ikut terkena banjir yang bisa melanda wilayah Anda.


Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut adalah tiga aplikasi yang bisa membantu Anda mendapatkan informasi terkiniu ntuk mencegah banjir:

1.    Pantau Banjir

Aplikasi keluaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini dapat memberikan Anda informasi terkini seputar ketinggian pintu air, tinggi banjir di titik lokasi tertentu, tempat pos pengamatan, sekaligus lokasi dengan pompa air yangmasih beroperasi. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di ponsel genggam Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa turut melaporkan kondisi banjirdi lokasi Anda dalam fitur “Report” yang sudah disediakan.

2.   Sistem Peringatan Dini DKI Jakarta

Hanya dengan menuliskan lokasi Anda, Anda bisa melihat tanda-tanda banjir mulai dari Siaga I hingga Siaga IV melalui aplikasi ini. Aplikasi keluaran Dinas Sumber Daya DKI Jakarta ini memang memiliki banyak layanan yang sangat bermanfaat untuk Anda, seperti foto kegiatan pemantau Tinggi Muka Air(TMA), status siaga, prakiraan cuaca, dan laporan dari masyarakat.

3.   Facebook Safety Check

Bagi Anda yang berada di luar wilayah Jakarta, Anda bisa menggunakan layanan Facebook satu ini untuk mengetahui informasi terkini seputar bencana alam. Untuk mengaktifkannya, Anda cukup mencari “Facebook Safety Search” dikolom pencarian. Melalui layanan ini, Anda juga bisa mengetahui kondisi bencanaalam yang tejadi di wilayah mancanegara atau pun wilayah internasional.

4.   Google Maps

Jika biasanya Anda menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari lokasi, kali ini Anda jugabisa menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui titik-titik banjir yang ada di sekitar Anda. Anda juga bisa melaporkan situasi di wilayah Anda sekaligus mengetahui jalan mana saja yang tertutup akibat banjir.

 

Bencana alam memang tidak dapat diprediksi kapan waktunya tiba. Tetapi, alangkah baiknya jika Anda selalu siap sedia dan selalu update terhadap informasi terkini. Dengan mengetahui informasi terbaru soal banjir, Anda bisa mencegah hunian Anda agar tidak terkena dampak dari bencana alam dan dari hal-hal tidak diinginkan yang dapat merusak perabotan hunian Anda.(JES)


What's On