Home / Artikel / Masa Depan PropTech

Masa Depan PropTech

Nataproperty.com, Tangerang – Saat ini semakin banyak orang yang mengetahui tentang PropTech atau property technology, karena perannya yang sangat besar dalam mempengaruhi laju investasi serta proses penggarapan bisnis properti di zaman modern saat ini. Property technology atau PropTech memang masih tergolong sebagai ‘pemain baru’ di dunia bisnis properti yang bercabang ke banyak bidang dan tersebar luas ke seluruh dunia, pengaruhnya hampir sama besarnya dengan digital marketing yang saat ini sudah menjamur ke mana-mana. Dengan terus munculnya berbagai jenis PropTech baru yang semakin canggih dan sangat mudah digunakan seperti Smart Home, VR (Virtual Reality), AR (Augmented Reality), dan lain sebagainya, properti teknologi perlahan tapi pasti menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Namun, apa kalian sempat terpikir soal masa depan PropTech nantinya? Memang properti teknologi terus tumbuh pesat layaknya internet, namun ada berbagai resiko yang timbul pula layaknya bagaimana website dan jaringan komputer pada umumnya. Semua perihal kecemasan inilah yang menyebabkan perkembangan PropTech harus terus diajaga dan dipantau, demi kelangsungan generasi bangsa. Nata Property atau Nata PropTech juga berusaha untuk lebih memahami tentang properti teknologi dan dampaknya nanti di masa yang akan datang.

Walau mungkin hal ini terdengar aneh, kadang PropTech bisa disebut sebagai ‘bapak digital’ dari industri bisnis properti itu sendiri, yang pada dasarnya masih tergolong baru dalam proses bisnis digital marketing serta toko online. Walau industri properti sudah ada sejak lama, proses penggunaannya dalam digital marketing dan bisnis online masih terbatas pada tampilan 2 dimensi, seperti foto dan video. Namun semua itu berubah saat PropTech atau teknologi properti mendobrak masuk dengan sistem proyeksi 3 dimensi yang luwes. Dari yang mungkin menjadi mungkin, pintu digital pun terbuka lebar bagi industri bisnis properti. Namun hal positif yang diterima juga bercampur dengan hal negatif, dalam hal ini adalah resiko virus, hacker, serta penipuan online yang menjadi bagian digital marketing dan internet selama beberapa dekade terakhir.

Bagaimana sikap kita akan menyikapi perubahan yang positif serta negatif dari hadirnya PropTech ini di masa depan? Nata Property atau Nata PropTech menantikan jawaban Anda.


What's On