Home / Artikel / Microsoft Luncurkan Teknologi untuk Deteksi Kanker Serviks

Microsoft Luncurkan Teknologi untuk Deteksi Kanker Serviks

Nataconnexindo.com , Tangerang Microsoft tengah mengembangkan alat AI (Artificial Intelligence) yang dapat mendeteksi kanker serviks jauh lebih cepat dari manusia pada umumnya.

Saat ini AI telah mantap menemukan jalannya ke industri perawatan kesehatan. Kecepatan dan kemampuannya bisa menemukan hal-hal yang mungkin tidak dimiliki oleh manusia, seperti dilansir laman Ubergizmo.

Kini AI sering digunakan untuk mendiagnosis dan menemukan suatu masalah kesehatan jauh sebelum masalah itu terjadi. Sebelumnya teknologi ini sudah digunakan untuk mendeteksi kanker payudara dan kanker paru-paru.

Mungkin kini sudah saatnya Microsoft dan SRL Diagnostic mengembangkan alat AI yang mampu mendeteksi kanker serviks. Alat ini disarankan digunakan di negara berpenduduk padat seperti India, di mana volume pasien mungkin terlalu banyak dan alat ini mampu mendeteksi suatu masalah dengan cepat.

Menurut Microsoft, “Model AI sekarang dapat membedakan antara lapisan smear normal dan abnormal dengan akurasi dan saat ini sedang di bawah validasi di laboratorium. Ini juga dapat mengklasifikasikan slide smear berdasarkan tujuh subtipe skala sitopatologis serviks. Klasifikasi termasuk interpretasi yang berkisar antara tahap normal dan pra-kanker hingga kanker”.

Belum dijelaskan juga, apakah alat ini bisa menimbulkan efek samping atau dampak negatif dari penggunanya. Dengan menggunakan alat AI ini, dapat membantu dokter melayani lebih banyak pasien, terutama karena telah ditunjukkan bahwa di negara India, sekitar 67.000 wanita meninggal setiap tahun akibat kanker serviks. Hal itu merupakan data tertinggi yang pernah dialami di sebuah negara, yang diakibatkan oleh kanker serviks.

Alat AI ini juga akan dirilis di Indonesia nantinya. Teknologi ini tentu akan sangat membantu untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks di Indonesia, sehingga angka kematian dari kanker serviks dapat ditekan. (AW)