Home / Artikel / Peran Vital Business Intelligence dalam Bisnis Hari Ini

Peran Vital Business Intelligence dalam Bisnis Hari Ini

NataProperty.com , Tangerang -Apakahpernah mendengar tentangbusiness intelligence?Istilahbusinessintelligence(BI) mengacu pada teknologi, aplikasi, dan praktik untuk pengumpulan,integrasi, analisis, dan penyajian informasi bisnis.

TujuanBI adalah untuk mendukung pengambilankeputusan bisnis yang lebih baik. Pada dasarnya, sistemBI adalah Sistem Pendukung Keputusan berbasisdata (DSS).BIterkadang digunakan secara bergantian denganbuku pengarahan, alat laporan dan permintaan dan sistem informasi eksekutif.

Business intelligencememiliki dampak langsung terhadap keputusan strategis, taktis, dan operasionalbisnis organisasi. BI mendukung pengambilan keputusan berdasarkan faktamenggunakan data historis daripada asumsi dan firasat.

Sebuahaplikasi yang memuatBIdidalamnya mampu melakukan analisis data dan membuatlaporan, ringkasan, dasbor, peta, grafik, dan bagan untuk memberi penggunainformasi intelijen terperinci tentang sifat bisnis.

DenganadanyaBI,kecerdasan bisnis dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baikdengan menunjukkan data saat ini dan historis dalam konteks bisnis mereka.Analis dapat memanfaatkan BI untuk memberikan kinerja dan tolok ukur pesainguntuk membuat organisasi berjalan lebih lancar dan lebih efisien.

Analisjuga dapat lebih mudah melihat tren pasar untuk meningkatkan penjualan ataupendapatan. Jika digunakan secara efektif, data yang tepat dapat membantu apapunmulai dari kepatuhan hingga upaya perekrutan.

Bisnisdan organisasi memiliki pertanyaan dan tujuan. Untuk menjawabpertanyaan-pertanyaan ini dan melacak kinerja terhadap sasaran-sasaran ini, merekamenggunakanbusiness intelligencedengan cara mengumpulkan data yang diperlukan, menganalisisnya, dan menentukantindakan yang harus diambil untuk mencapai tujuan mereka.

Disisi teknis, data mentah dikumpulkan dari aktivitas bisnis. Data diproses dan kemudiandisimpan di gudang data. Setelah disimpan, pengguna kemudian dapat mengaksesdata, memulai proses analisis untuk menjawab pertanyaan bisnis.

Dalambisnis properti, Anda juga membutuhkanbusinessintelligence. Hal ini tentu sajauntuk membuat langkah-langkah yang diambil dalam menjalankan bisnis dilakukandengan tepat saaran. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan aplikasismart selling toolsdari Nata Proptechyang dapat diunduh melalui AppStore dan Google PlayStore.(AW)