Home / Artikel / Resiko PropTech Smart Home yang Perlu Diketahui

Resiko PropTech Smart Home yang Perlu Diketahui

Nataproperty.com, Tangerang – Mungkin kalian adalah salah satu pebisnis atau konsumen (atau investor) yang secara langsung sudah menyaksikan dan merasakan manfaat dari penggunaan PropTech yang saat ini sedang populer: Smart Home! Smart Home adalah PropTech yang memanfaatkan segala fungsi barang elektronik di rumah mulai dari TV, AC, penghangat, CCTV, kompor listrik, microwave, kunci elektronik, dan lain sebagainya agar bisa beroperasi secara lebih efisien! Dengan bantuan satu jaringan terpadu yang menghubungkan semua peralatan elektronik Anda ke satu remote pengatur (bisa berupa smart phone), semua fungsi elektronik dan digital di rumah Anda bisa diatur lewat satu sentuhan saja! Tidak lagi perlu repot-repot naik turun tangga atau berlari dari satu sisi rumah ke sisi yang lain. Ingin mengeset microwave agar matang 1 jam kemudian? Tekan tombol. Ingin mematikan AC? Tekan tombol. Ingin mengunci pintu otomatis setiap jam 9 malam? Tekan tombol. PropTech Smart Home ini sangat berfungsi efektif untuk membantu Anda mengatur segala pengaturan alat elektronik di rumah! Sayangnya, seperti semua teknologi properti lainnya, PropTech Smart Home juga punya kekurangan dan resiko sendiri. Kami selaku pihak Nata Property atau bisa disebut juga Nata PropTech, akan membahasnya di sini.

Satu Kendali untuk Semua
Sebagaimana disebutkan tadi, PropTech Smart Home memungkinkan Anda memakai smartphone sebagai remote kontrol untuk segala fungsi alat elektronik di rumah. Namun, apa jadinya jika HP yang sudah dihubungkan dengan sistem Smart Home rumah Anda hilang atau dicuri orang!? Selain ada kemungkinan pencurian, akan sulit untuk menonaktifkan fungsi Smart Home di HP tersebut, yang sistem kerjanya beda dengan kartu kredit.

Virus dan Hacker
Karena Smart Home memakai fungsi jaringan internet, ada kemungkinan fungsi Smart Home Anda bisa dibajak orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa juga sistem Smart Home Anda terkena virus entah dari mana, yang mematikan fungsi alat elektronik rumah Anda. Ini sulit diatasi, apalagi bila Anda tidak terlalu paham tentang penggunaan sistem komputer.

Demikianlah kekurangan dan resiko PropTech Smart Home. Kami pihak Nata Property atau Nata PropTech mohon undur diri!


What's On