Home / Artikel / Tahap Kepemilikan Rumah yang Wajib Diketahui Agen Properti

Tahap Kepemilikan Rumah yang Wajib Diketahui Agen Properti

NataProperty.com, Tangerang - Mengingat banyak calon pembeli atau agen properti rumah pertama yang belum mengetahui apa saja yang akan dihadapi mereka apabila kelak menempati rumah pribadinya. Ada dua tipe kepemilikan rumah, mereka yang membeli rumah untuk investasi dan dijual beberapa tahun ke depan, dan ada pula yang membeli untuk ditempati bahkan diwariskan hingga ke anak cucunya.

sebenarnya ada empat tahap yang pasti akan dilalui oleh setiap pembeli rumah. Mulai dari hari pertama menempati rumah baru, sampai akhirnya melepas kunci ke pembeli selanjutnya. Ketahui lebih lanjut mengenai empat fase tersebut berikut ini.

  1. Kegembiraan Menempati Hunian Baru
    Setelah menerima kunci pintu rumah impian, pemilik rumah akan segera memindahkan barang-barang dari hunian lama dan menata rumah barunya dengan penuh sukacita. Fase pertama ini dimulai dari membuka kotak kardus dan menatanya dengan rapi berdasarkan ruangannya.
    Jika pindah ke hunian yang lebih luas dari sebelumnya, si pemilik rumah biasanya akan tergoda mengisi ruangan kosong yang tersisa. Sebagai agen Anda bisa menanyakan kebutuhan mereka dan menyarankan untuk tidak melakukan renovasi apapun di tahun pertama. Pasalnya fase ini adalah waktu yang ideal untuk menata rumah sesuai dengan kebutuhan keluarga.
  2. Ciptakan Rumah Impian
    Butuh waktu beberapa bulan untuk pindah ke fase kedua, dan di tahap ini pemilik rumah akan mulai menikmati aktivitas sehari-hari menempati rumah impiannya. Penataan ruang yang lebih efisien akan dibutuhkan oleh pemilik rumah seiring dengan bertambahnya jumlah perabot yang dimiliki. Pemilik rumah juga mulai mengenal akrab tetangga di lingkungan tempat tinggal dan membangun sebuah komunitas.
  3. Waktunya Membuat Strategi
    Jika pasar properti terus menunjukkan tren positif pada lokasi hunian, misalnya setelah beberapa tahun, maka sudah saatnya membuat strategi yang menguntungkan. Pemilik rumah bisa mengambil keuntungan beberapa persen dengan menjual rumah.
    Namun sebelum berniat untuk menjual, sarankan mereka untuk melakukan beberapa renovasi penting. Khususnya di area atap dan jendela.
  4. Saatnya Pindah
    Kapan mengetahui waktu yang tepat untuk pindah rumah? Dan kemanakah si pemilik rumah akan pindah hunian? Biasanya hal ini disesuaikan dengan kondisi keluarga. Misalnya setelah mendapat pekerjaan baru, setelah memiliki beberapa anggota keluarga baru, atau bahkan ketika anak-anak mulai beranjak dewasa dan pindah ke rumahnya masing-masing.
    Alasan apapun yang membuat pemilik rumah menjual rumahnya, bantuan dari agen properti akan sangat berguna untuk meningkatkan keuntungan penjualan. (IC)


What's On