Home / Artikel / Tahun 2017 Merupakan Momen Tepat Membeli Properti

Tahun 2017 Merupakan Momen Tepat Membeli Properti

NataProperty.com,Tangerang - Pasar properti Indonesia diprediksi akan terus membaik dalam tahun-tahun yang akan datang. Berdasarkan hal ini, tahun 2017 sendiri dapat dinilai sebagai saat terbaik untuk melakukan pembelian properti. Gejolak perubahan pada pasar properti akan membuat angka nilai penjualan properti semakin melambung tinggi di tahun ini.
“Bagi para investor, ini merupakan kesempatan bagus karena harganya yang cukup menguntungkan. Pembelian properti sangat disarankan, terlebih lagi pada tahun ini para pengembang akan memberikan keringanan pembayaran, diskon dan gimmick lainnya” ujar Aleviery Akbar, Associate Director Colliers International Indonesia.
Sikap pemerintah Indonesia yang memberikan perhatian khusus di sektor properti semakin mempercepat pemulihan sektor properti nasional. Salah satunya dengan adanya penurunan batas minimal uang muka (DP) dan keringanan cicilan, serta program rumah bersubsidi. Bahkan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PURR) melalui Direktorat Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jendral Penyediaan Perumahan akan ikut serta membantu prasarana, sarana dan utilitas (PSU), terhadap program rumah bersubsidi.
Adanya tiga komponen bantuan PSU TA 2017 yang akan disalurkan Kementrian PURR ke perumahan MBR tersebut dengan meliputi jalan lingkungan, penerangan jalan umum (PJU), dan ruang terbuka non hijau seperti dengan adanya lapangan olahraga, taman bermain, dan tempat parkir untuk rumah susun. Bantuan ini murni ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) agar dapat merasa nyaman tinggal di lingkup rumahnhya sendiri.
Kebijakan lainnya yang memberikan dampak positif adalah pajak untuk pembelian, BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah atau Bangunan) yang dibayarkan tidak lagi 5% tetapi hanya 1%. PPH 0,5% dan bukan lagi 5%. Dengan kebijakan pemerintah tersebut, pajak yang dibebankan pembeli tidak lagi sebesar 42% seperti sebelum-sebelumnya.  Jadi, dengan alasan inilah mengapa tahun ini Anda disarankan untuk membeli dan mengelola properti dengan baik, karena dampak dan hasil yang bisa Anda dapatkan akan berkali-kali lipat dan tentu saja menguntungkan. (IC)

Tags:

What's On