Home / Artikel / Yuk Intip Teknologi 30 Tahun Kedepan, Ada Kota dalam Gedung!

Yuk Intip Teknologi 30 Tahun Kedepan, Ada Kota dalam Gedung!

Nataproptech.com, Tangerang – Tak ada yang tahu bagaimana perkembangan teknologi di masa depan seperti apa. Sebagai manusia, kita hanya bisa memprediksi tanpa tahu apa yang akan terjadi. seorang Futurolog, Ian Pearson mengungkapkan sesuatu yang mengejutkan tentang kemajuan teknologi di masa depan.

Menurut data yang ia kumpulkan, banyak harapan tentang kecanggihan teknologi untuk 30 tahun ke depan. “Apa yang bisa kita harapkan untuk melihat selama 30 tahun ke depan di industri konstruksi,” ujar Ian, seperti yang dilansir businessinsider.co.id.

Ian menjelaskan, dengan berkembangnya teknologi disejumlah bidang, seperti robotika dan kecerdasan buatan dapat membangun sebuah kota dengan teknologi tinggi. Dalam prediksinya, Ian menyebutkan kecanggihan teknologi di masa depan memungkinkan kita dapat berintraksi dengan tempat tinggal, semisal meminta menaikan/menurunkan suhu ruangan.

Tak hanya itu, kecanggihan yang diprediksi Ian memungkinkan ada kota di dalam gedung. Maksudnya, gedung-gedung tinggi bisa dikonversi untuk rumah pekerja berpenghasilan rendah dan menengah. Gedung-gedung tersebut akan berfungsi layaknya sebuah kota kecil, lengkap dengan lantai yang didedikasikan untuk bekerja, ruang hunian, dan pekerjaan kantor.

Tak hanya sampai di situ, sebuah jendela pada bangunan juga akan diganti layar virtual reality. Melalui laporan itu dapat dibayangkan, dimasa mendatang serupa di mana bangunan tidak memiliki jendela, namun dilengkapi layar virtual reality.

Pada tahun 2030 mendatang, menurut Ian manusia juga dapat semprotkan pada lapisan khusus yang bisa mengumpulkan energi surya. Kemudian pada kelayakan pelapis matahari akan tergantung pada perkembangan di nanoteknologi untuk membuat bahan berbasis nanopartikel, tetapi pada dasarnya, semprot akan mampu menyerap dan mengkonversi sinar matahari sebagai sebuah energi baru.

Teknologi canggih tersebut membuat pemanasan radiasi dan pencahayaan yang cerdas akan mengikuti Anda ketika berjalan di sekitar ruangan. Dengan suhu dan cahaya yang dapat menyesuaikan keadaan memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan disuhu berapapun yang Anda suka melalui paparan cahaya yang diinginkan.

Meski data yang dilampirkan Ian belum valid 100%, akan tetapi sudah banyak penelitian dan pengembangan yang dilakukan untuk meningkatkan pencahayaan. Jika prediksi Ian semuanya menjadi kenyataan, maka dapat dibayangkan, betapa mudah kehidupan di masa yang akan datang. (MDA)