Home / News / 3 Tips Desain Interior Untuk yang Hobi Koleksi

3 Tips Desain Interior Untuk yang Hobi Koleksi

Samaneahill.co.id, Tangerang – Hobi koleksi barang bisa sangat menguntungkan di masa depan. Barang-barang yang bisa dikoleksi pun beragam, dari mulai action figure, koleksi barang antik, komik, dan lain sebagainya. Bagi yang memahami betapa berharganya barang-barang ini, pasti akan sebisa mungkin membuatkan satu tempat penyimpanan khusus, karena mereka tau, bagi yang tidak mengetahui betapa berharganya koleksi-koleksi tersebut, tidak lain hanyalah benda yang membuat penuh ruangan.

Untuk itu, kamu perlu mendesain rumah kamu sedemikian rupa agar benda-benda koleksimu tertata dengan rapi, aman, dan pastinya tidak dianggap sebagai benda tak berguna yang hanya bisa memenuhi ruangan. Bagaimana caranya? Ikuti 3 tips berikut ini

1. Go Vertical
Keterbatasan ruang bisa diatasi dengan mendesain rak yang menempel di dinding dan menjulang naik secara vertical. Selain akan memberikan ruang yang terlihat besar, barang-barang koleksimu juga akan terlihat dari berbagai sudut ruangan. Jika ingin memastikan keamanan rak, kamu bisa menambahkan kaca di depan rak.



2. Rak sebagai pembatas ruang
Kamu bisa gunakan konsep open plan design yang biasanya menyatukan beberapa ruang sekaligus dan hanya dipisahkan oleh rak buku ataupun lemari yang tinggi. Untuk yang satu ini, kamu memang harus mengeluarkan uang cukup tinggi karena lemari kaca yang menjulang tentu tidak murah. Kamu juga masih bisa menggunakan lemari atau rak kayu, namun untuk memastikan keamanan koleksimu, kamu harus menutup tiap celah dengan kaca.



3. Cabinet atau lemari sampai ujung plafon
Cabinet atau lemari setinggi plafon biasanya diimplementasikan di dapur. Namun, sebetulnya kamu bisa mengimplementasikan ini di ruang lain seperti ruag keluarga ataupun ruang bersantai. Hal ini bertujuan untuk membuat koleksimu tetap terlihat saat orang bertamu, sekaligus membuat ruang tidak terlalu penuh.

Tentu saja kamu bisa mengubah desain lemari dari yang tadinya berupa 100% kayu, menjadi 50% kayu dan 50% kaca, atau kombinasi sesuai dengan seleramu.


Itu dia 3 tips desain interior untuk kamu yang hobi koleksi. Menjaga rumah agar tetap terlihat rapi, tidak terasa penuh, sembari terus mempertahankan hobi tentu bisa. Nah, sekarang tinggal kamu praktikan saja. Selamat mencoba.