Home / News / 4 Bahan Bangunan yang Berbahaya bagi Kesehatan

4 Bahan Bangunan yang Berbahaya bagi Kesehatan

Samaneahill.co.id, Tangerang – Bahan bangunan adalah salah satu hal yang kurang diperhatikan ketika hendak membangun suatu hunian. Ada beberapa bahan bangunan yang ternyata berbahaya bagi kesehatan para penghuninya. Misalnya, bahan bangunan hasil industri, seperti kayu olahan, cat tembok, pipa plastik, dan sebagainya.

Bahan bangunan tersebut dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti gangguan pernafasan, dan penyakit kulit. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis bahan bangunan apa saja yang mengandung racun dan dapat membahayakan kesehatan, di antaranya:

Asbes

Menggunakan asbes sebagai salah satu bahan bangunan untuk hunian kamu ternyata bisa berdampak pada gangguan pernafasan para penghuninya. Asbes mengandung bahan-bahan Chrysotile atau Hidroksida Magnesium Silikat dengan Komposisi Mg6(OH)6(Si4011)H2O. Chrysotile merupakan bahan mineral yang bersifat karsinogen yang dapat menyerang paru-paru.

Logam Berat

Beberapa logam berat yang sering digunakan untuk bahan bangunan nemaun berbahaya bagi kesehatan adalah Timbal. Logam-logam berat seperti Timbal dan sejenisnya akan mengakibatkan kerusakan pada syaraf, ginjal, reproduksi, mengganggu pertumbuhan anak, bahkan dapat memicu pertumbuhan sek kanker.

Formaldehid

Bahan bangunan satu ini sering digunakan pada finishing cat, kayu olahan dan besi, serta berbagai jenis lem. Formaldehid dapat mengiritasi mata, selaput lendir, tenggorokan dan dapat menyebabkan sakit kepala serta mual yang bekepanjangan. Apabila suatu bagian rumah baru selesai dicat, sebaiknya tidak dihuni dulu untuk sementara waktu sampai bau cat tidak menyengat lagi.

Polivinil Klorida (PVC)

Beberapa komponen bagian yang sering menggunakan PVC adalah pipa, cat dinding, lantai vivil, karpet plastic dan beberapa jenis lem. Penggunaan PVC ini dapat menimbulkan penyakit hati, ginjal, bahkan menyebabkan kanker.

Itulah beberapa jenis bahan bangunan yang bisa membayakan kesehatan para penghuninya. Jadi, sudah saatnya kamu mencari tau bahan material yang akan digunakan untuk membangun rumahmu. Tahap penting di awal ini tidak boleh kamu lewatkan karena akan berpengaruh pada kenyamananmu menghuni sebuah rumah.(AN)