Home / News / 5 Desain Inovatif Andra Matin, Perumahan Samanea Hill Parung Panjang Salah Satunya

5 Desain Inovatif Andra Matin, Perumahan Samanea Hill Parung Panjang Salah Satunya

Samaneahill.co.id, Parung PanjangAndra Matin merupakan seorang arsitek kenamaan Indonesia. Namanya sudah dikenal baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Kualitas karya-karyanya pun tidak perlu diragukan lagi. Bahkan tahun ini, salah satu karyanya masuk dalam nominasi Aga Khan Award 2019. Salah satu penghargaan utama tertua di bidang arsitektur.

Andra Matin sendiri dikenal dengan desain arsitekturnya yang memiliki ciri khas bersih, modern, dan memanfaatkan bahan bangunan dari alam seperti beton dan kayu. Karya-karyanya selalu inovatif. Tidak hanya indah dari segi estetika, namun bangunan juga memiliki fungsi-fungsi tertentu. Berikut ini merupakan 5 desain inovatif Andra Matin dari café, tempat olah raga, hingga perumahan sepertiSamanea Hill

1. Dia.Lo.Gue, Jakarta

Tahun 1998, Hermawan Tanzil dari LeBoYe meminta Andra Matin untuk mendesain kantor di kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Namun ia meminta agar desain tersebut tidak perlu menggunakan AC. Akhirnya Andra Matin menghadirkan desain dengan susunan kayu berongga menutupi dua-per-tiga dari keseluruhan fasad.

Lobby hall didesain sedemikian rupa sehingga udara dan cahaya matahari dapat masuk melewati rongga kayu yang memenuhi dua-per-tiga dari keseluruhan fasad. Tangga penghubung lantai 1 dan 2 terbuat dari logam tanpa elemen dekoratif sehingga tercipta kesan yang menarik.

2. GBK Aquatic Center, Jakarta

Kementrian PUPR mengharapkan GBK aquatic Center dapat menjadi bangunan cagar budaya. Oleh karenanya, proses renovasi yang dilakukan pada stadion renang satu ini haruslah memenuhi kaidah-kaidah pelestarian cagar budaya.

Andra matin sebagai bagian dari IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) kemudian mendesain GBK Aquatic Center dengan atap berbentuk gelombang panjang. Bukan tanpa sebab, atap tersebut didesain sedemikian rupa agar mampu menjaga air tetap pada standar suhu yang telah ditentukan. GBK Aquatic Center sendiri terdiri dari kolam renang utama, diving pool, training pool, dan area kering.

3. Samanea Hill, Parung Panjang

Farpoint bekerja sama denganAndra Matin untuk menghadirkan sebuah hunian yang kaya fungsi dan juga inovatif.Samanea Hill adalah hasil kolaborasi tersebut. Terletak hanya selangkah dari stasiun Parung Panjang dan juga Kawasan CBD BSD,Samanea Hillmerupakan sebuah solusi bagi para pekerja yang menginginkan sebuah hunian asri, nyaman, dan tentunya dapat membantu untuk hidup lebih hemat energi.

Fitur-fitur yang dimiliki rumah ini diantaranya adalah innercourt atau taman dalam rumah, ventilasi silang, serta innercourt canopy. Fitur-fitur tersebut tentunya memiliki fungsi berbeda-beda. Innercourt atau taman dalam rumah dapat mengoptimalkan cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Namun selain itu, fitur satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam, membangun kolam ikan, ataupun keperluan lainnya.

Fitur ventilasi silang dapat memberikan suplai udara bersih di dalam rumah. Dengan fitur satu ini, ruangan tidak akan lembab, panas, ataupun ditumbuhi jamur. Penghuni juga bisa menghemat pengeluaran listrik karena tidak perlu memasang AC untuk menjaga ruangan tetap dingin.

Sedangkan fitur lainnya, yaitu innercourt canopy, selain menjadi penghubung antara ruang makan dan 2 kamar utama, juga dapat memfilter terik matahari yang masuk. Sehingga penghuni dapat merasakan suasana semi-outdoor setiap hari.

4. Potato Head Beach Club Bali

Terletak di pesisir Pantai Petitenget, Potato Head Beach Club terbuat dari 6600 jendela antic. Awalnya konsep Potato Head tidak seperti yang tampak sekarang. Klien Andra mengusulkan memakai railing bekas. Namun karena terasa kurang pas, Andra pun terus menggali ide hingga akhirnya jendela krepyak bekas yang unik digunakan sebagai dinding utama di bagian depan.

Bangunan ini didesain dengan open plan untuk memberi sebuah kesan tersendiri terhadap pemandangan di sekitar serta memanfaatkan pencahayaan alami.

5. Hainan Chapel, Cina

Terletak di tengah wilayah perairan, Hainan Chapel merupakan sebuah bangunan religius yang didesain sebagai satu bangunan besar. Pengunjung akan mengitari bangunan sebelum menemukan pintu utama. Hal ini ditujukan agar pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur dari chapel di Hainan satu ini. Apalagi jalan menuju pintu utama didesain agar menciptakan kesan tenang.
Bangunan ini memiliki bentuk seperti origami yang menciptakan bentuk eksterior unik serta interior yang tak kalah menakjubkan. Terdapat dua gerbang yang menyambut pengunjung dan dari sana mengantarkan pengunjung ke sisi danau alami di luar chapel.

Itulah 5 karya inovatif Andra Matin yang begitu menakjubkan. Di luar daftar 5 ini, tentu masih banyak karya beliau yang sangat mengesankan. (AI) 


What's On