Home / News / 5 Tips Dekorasi Agar Nyaman Untuk Bekerja Di Rumah

5 Tips Dekorasi Agar Nyaman Untuk Bekerja Di Rumah

Samaneahill.co.id, Tangerang – Jujur saja, kamu pasti membutuhkan ruang kerja di dalam rumah. Meski setiap hari kamu berangkat kerja menuju kantor, namun di sore hari saat sampai rumah, kamu juga membutuhkan setidaknya sebuah meja untuk menampung segala pekerjaan milikmu.

Ruang kerja di dalam rumah memang akan selalu dibutuhkan. Namun, seringnya muncul kendala saat bekerja di rumah. Entah itu gangguan dari hal-hal di sekitar rumah, hasrat untuk membuat mi instan di dapur, ajakan bermain hewan peliharaan, ataupun hal lainnya.

Untuk itulah, mendesain ruang kerja sedemikian rupa agar bisa nyaman dan fokus bekerja sangat diperlukan. Berikut ini 5 tips dekorasi ruang kerja agar nyaman untuk bekerja di rumah

1. Tentukan ruangan
Menentukan ruangan cukup penting karena kamu bisa memperkirakan apa saja yang harus ada di ruang kerja dan apa saja yang tidak boleh ada di sana. Jika pekerjaanmu berhubungan dengan kertas-kertas dokumen, atau apapun yang membutuhkan sebuah lemari penyimpanan khusus, maka kamu membutuhkan ruangan khusus untuk dijadikan sebagai tempat kerja. Sebaliknya, jika pekerjaanmu lebih sering berhubungan dengan dunia digital, maka meja di dalam kamar sudah cukup.

Namun saat menggabungkan kamar dan meja untuk kerja, harus dipastikan bahwa meja kerjamu terpisah dari semua benda yang memungkinkan aktivitas lain. Jika ranjang berada di sudut kanan, maka meja kerja bisa diletakan di sudut kiri yang berjauhan dengan lemari baju, cermin, atau benda apapun itu yang memiliki kemungkinan untuk mengacaukan konsentrasi

2. Buat ruang kerja yang Environmentally-Friendly
Selain akan membuat lingkungan lebih baik, ruang kerja yang ramah lingkungan juga bisa membuat perasaan bangga terhadap diri sendiri. Meletakan tong sampah, beberapa tanaman hijau, dan menggunakan benda-benda yang eco-friendly bisa kamu jadikan sebagai langkah pertama untuk membentuk ruang kerja yang environmentally-friendly.

Jika sudah terbiasa dengan ruang kerja yang ramah lingkungan, hal lain pun pasti akan mengikuti. Seperti misalnya menggunakan kertas, tinta, atau benda-benda lain yang juga ramah lingkungan.

3. Tambahkan beberapa aksesoris
Meletakan Gundam, pot bunga, atau bingkai berisi foto di meja kerja akan membuat ruang kerja lebih menyenangkan. Hal ini karena kamu bisa setiap saat melihat benda-benda yang membawa perasaan positif. Sehingga saat otak tiba-tiba buntu, kamu bisa sedikit memberi penyegaran dengan mengalihkan fokus pada benda-benda tersebut.

4. Kursi yang nyaman
Percayalah, kursi yang nyaman akan mempengaruhi kualitas kerjamu. JIka kursi yang kamu duduki membuat lelah setelah beberapa jam bekerja, maka kamu harus segera mengganti kursi. Mengeluarkan beberapa tambahan uang tentu bukan masalah karena dampak baiknya akan kamu rasakan dalam waktu yang lama.

5. Tempat penyimpanan yang layak
Rak buku bisa kamu letakan di dekat meja kerja, selain itu, kamu juga bisa meletakan lemari penyimpanan untuk berkas-berkas penting lainnya. Meletakan tempat penyimpanan yang layak cukup penting. Karena dengan begitu, ruang kerja akan tetap terasa rapi meski kamu sedang hectic sekalipun. Dampaknya? Tentu saja rasa nyaman dalam bekerja dan bisa juga mempengaruhi tingkat fokusmus.

Jika kamu bekerja di ruang kerja yang berantakan, tidak menutup kemungkinan hal ini akan membuat beban kerjamu terasa semakin berat. Maka dari itu, meletakan beberapa rak buku dan lemari harus kamu prioritaskan.

Itu tadi 5 tips dekorasi ruang kerja agar kamu tetap merasa nyaman saat bekerja. Semoga artikel ini membantu. Selamat menerapkan tips di atas. (AI)