Home / Tips / 5 Tips Dongkrak Jumlah Follower Instagram

5 Tips Dongkrak Jumlah Follower Instagram

NataProperty.com, Tangerang – Instagram berhasil menjadi salah satumedia sosial di dunia. Bukan hanya pengguna biasa, perusahaan dan publik figurturut menggunakan layanan tersebut. Membuat akun diInstagram merupakan halyang mudah, bagian tersulitnya adalah mendapatkan banyak follower asli ataubukan akun spam, di layanan tersebut. Menggunakan akun Instagram bagi sebagianorang, terasa lebih menyenangkan jika memiliki banyak follower, bahkan jikabisa jumlahnya mencapai jutaan.

Jumlah follower yang banyak,sekaligus membuka peluang bisnis bagi pemilik akun. Saat ini banyak akun denganribuan hingga jutaan follower, yang bisa menghasilkan uang dari konten-kontenmereka di Instagram. Nah jika kalian ingin mendapatkan banyak follower danmenjadikannya sebagai salah satu sumber pendapatan, ada sejumlah tips yang bisadiikuti. Berikut 5 tips untuk mendapatkan banyakfollower di Instagram :

1. Gunakan konsep niche

Akun Instagram populer fokus padasatu atau dua konten niche atau spesifik, serta hanya akan mem-posting kontenyang ada hubungannya. Cara terbaik utnuk menghasilkan konten seperti itu adalahmenemukan area yang kalian senangai atau ketahui dengan baik. Misalnya, akuntentang travelling akan menjadi pilihan yang tepat jika kalian suka bepergian.Jika berpegang teguh pada konsep tersebut dan memperlihatkan keaslian sertasemangat kalian di setiap posting-an, ada peluang besar untuk mendapatkanbanyak follower.

2. Jangan berhenti posting kontenmenarik

Setelah menemukan konsep akunInstagram, kalian harus posting foto dan video berkualitas tinggi. Janganposting konten sembarangan, sekali sepekan atau semacamnya. Kalian harus terusmem-posting konten baru, sebaiknya satu atau dua kali setiap harus. Kemudianjumlah postingan konten ditambah menjadi tiga, lalu empat kali setiap hari,seiring dengan pertumbuhan follower. Selain itu, konten yang diunggah harusmemiliki resolusi minimum 1.080 x 1.080 piksel agar tampilannya menarik.

Jika sedang tidak ada konten yangbisa diunggah, minta izin untuk posting foto dari akun lain dengan jumlahfollower yang banyak. Ini lebih baik daripada tidak mem-posting konten samasekali. Nilai tambahnya, kalian juga bisa membangun relasi dengan akun-akunlain. Namun jangan sampai kalian terlalu sering posting konten setiap hari.Formulanya adalah satu sampai dua posting setiap hari untuk pengguna dengansatu sampai 1.000 follower, dua sampai tiga posting untuk akun dengan 1.000sampai 10 ribu follower, tiga sampai empat untuk 10.000 sampai 50 ribufollower, lima sampai enam untuk 100 ribu sampai 500 ribu follower, delapansampai 10 untuk 500 ribu sampai satu juta follower.

3. Pakai caption

Setelah menemukan konten yangakan di-post, pilih caption yang tepat. Ketika menulis sebuah caption, adaempat pertimbangan yaitu harus menarik, motivatif, inspirtatif dan dapatmembuat follower merasa terhubung dengan foto atau video tersebut. Mem-postingkonten motivasi di media sosial bisa mendorong keterlibatan pengguna. Jikakalian tidak memotivasi follower setiap hari, mereka bisa pindah ke akun lain.

Sejumlah pengguna menggunakancaption pendek dengan tagar yang mendukung. Sementara ada yang menggunakanbanyak caption. Kuncinya, konsisten dengan fokus kalian Untuk tagar, sebaiknyapakai dua kata untuk menggambarkan posting. Contohnya, #GreenApple dan#RedLipStick. Jangan pakai tagar yang telah digunakan jutaan kali, karenasemakin kecil kesempatan konten kalian dilihat. Jika kalian menggunakan tagardua kata yang menarik dengan lebih sedikit posting, akan membantu konten lebihbanyak dilihat oleh orang yang mencari konten dengan tagar spesifik. Pakai tigasampai lima tagar untuk setiap caption.

4. Komunikasi dengan follower

Setelah posting konten, kalianharus berkomunikasi dengan para follower dengan mengajukan pertanyaan dicaption dan merespon jawaban mereka. Ini akan membantu menciptakan hubunganpersonal dengan mereka. Pertanyaan yang bisa diajukan bisa "dimana asalmereka" atau "apa yang disukai dan tidak disukai". Kalian bisamenggunakan emoji di caption dan saat merespon tanggapan follower. Tapi janganterlalu banyak menggunakan emoji dan harus berkaitan dengan konten. Jangan takutuntuk memblokir dan menghapu konten negatif di kolom komentar. Jangan sampaikomentar negatif menjadi pemicu pertengkaran para follower. Kalian harus rajinmemantau kolom komentar.

5. Promosikan akun

Influencer memainkan peran besardalam dunia Instagram. Tidak ada salahnya bekerjasama dengan para influenceruntuk mempromosikan foto atau video, dan sebuah caption sederhana untukmengajak para follower mereka melihat akun dan konten kalian. Salah satu caralain mendapatkan follower adalah saling mempromosikan akun yang setipe. Temukanakun serupa di Instagram dengan akun kalian dan memiliki follower yangkemungkinan tertarik dengan konten kalian.

Namun kalian tetap bisa terbukabekerjasama dengan akun lain yang tidak setipe. Misalnya, jika target pasar adalahlaki-laki yang menyukai olahraga, kalian bisa menemukan akun dengan followeryang didominasi laki-laki. Bekerjasama dengan akun-akun berbeda dan lihatlahyang mana membantu pertumbuhan akun kalian. Jika ada akun yang memberikandampak pada pertumbuhan follower kalian, maka jagalah hubungan kerjasamanya.


What's On