Home / Tips / 5 Tips Pilih Lemari Pakaian untuk Apartemen

5 Tips Pilih Lemari Pakaian untuk Apartemen

NataProperty.com, Tangerang – Tinggal di apartemen memang berbeda dari di rumah tapak. Kapasitas ruangan yang kecil memaksa pemilik harus memutar otak agar berbagai furnitur yang digunakan tidak membuat ruangan menjadi sesak. Nah, salah satu furnitur yang harus penuh pertimbangan dipilih adalah lemari pakaian. Umumnya perabotan ini berukuran besar sehingga memakan banyak tempat.

Memang, masalah memilih lemari pakaian itu lebih ribet ketimbang memilih sofa. Kerumitan itu tercipta, karena kadang-kadang pemiliknya ingin menggunakan furnitur tersebut sebagai tempat menyimpan benda lain.

berikut ini adalah lima panduan memilih lemari pakaian yang tepat bagi penghuni apartemen.

1. Pertama, sesuaikan ukuran. Ukuran lemari pakaian dengan kapasitas kamar tidur harus pas. Ini diperlukan agar kehadiran lemari tidak membuat kamar menjadi sesak dan mengganggu aktivitas lalu lalang di ruangan.

Maka dari itu, untuk mendapatkan kesan luas, pilih bentuk lemari yang ramping dan tinggi. Model tersebut memang tampak sederhana, tapi bisa menimbulkan kesan elegan, fungsional, dan menyatu dengan perabotan kamar tidur lain.

2. Kedua, pilihan material atau bahan. Agar bisa dipakai lama, pilih lemari dengan bahan dasar yang kuat, dan kriteria itu ada pada kayu. Namun, pastikan mutu kayu lemari yang dipilih berkualitas nomor satu. Biasanya mutu seperti itu ada pada kayu jati berusia tua.

Tak hanya itu. Pemilihan lemari berbahan kayu juga akan menambah nilai estetika karena terlihat cantik dan adem di mata. Agar lebih fungsional, sebaiknya pilih lemari kayu dengan cermin di bagian pintu depannya sehingga bisa berfungsi sebagai lemari atau meja rias.

3. Ketiga, menentukan desain. Agar enak dilihat mata, pastikan desain lemari pakaian yang dipilih cocok dengan isi kamar dan sesuai dengan kebutuhan.  Artinya, lemari pilihan tersebut cocok untuk memuat pakaian dan barang kebutuhan lain serta serasi dengan kamar Anda. 

Adapun untuk mengatasi ruangan yang kecil, sebaiknya pilih model lemari dengan pintu geser. Lemari dengan model seperti ini tidak akan membuat ruangan kamar menjadi sempit karena lemari terasa seperti bagian dari kamar.

4. Keempat, warna. Pertimbangan memilih warna dalam membeli lemari menjadi penting karena dapat memengaruhi estetika dalam kamar. Usahakan pilih lemari yang warnanya cocok dengan desain kamar tidur.

Bukan cuma itu. Sebisa mungkin, warna lemari juga diserasikan dengan berbagai perabotan lain di kamar. Masih bingung? Mungkin Anda bisa memilih warna-warna netral, seperti putih, hitam, abu-abu, kuning gading, atau coklat. Pasalnya, seperti itu aman disandingkan dengan warna lain.

5. Kelima, bisa dibongkar pasang. Untuk menghindari lemari tak muat ketika ingin dimasukkan ke kamar, pilihlah lemari pakaian jenis knock down atau yang bisa dibongkar pasang. Saat ini banyak model lemari kayu yang bisa dibongkar pasang. Dengan begitu, Anda tidak perlu membeli lemari pakaian yang kecil dan pendek karena kapasitas muatnya sedikit. (IC)


What's On