Home / Tips / 6 Jurus Kelola Dana THR secara Bijak

6 Jurus Kelola Dana THR secara Bijak

NataProperty.com, Tangerang - kebanyakan orang memanfaatkan uang THR untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya, mulai dari yang paling wajib ada di meja makan seperti ketupat danopor ayam beserta kue-kue kering, baju baru dan sepatu baru untuk dikenakan saat silaturahmi.

Namun sesungguhnya ada cara yang lebih bijak untuk memaksimalkan penggunaan uang tersebut untuk keperluan yang lebih produktif atau bahkan investasi di masa depan. Berikut beberapa cara cerdas yang dapat dilakukan dengan uang THRAnda:

1. Sisakan untuk Kewajiban Lebaran

Salah satu hal yang wajib Anda utamakan ketika menyambut datangnyaHari Raya adalah membayar zakat bersedekah, dan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan.

2. Bayar Hutang dan Kewajiban Tahunan

Jika selama ini Anda memiliki hutang, tidak ada salahnya juga memanfaatkan THR untuk mengurangi beban seperti kartu kredit atau pinjaman dari orang lain. Hal tersebut dapat meringankan kondisi keuangan Anda di masa depan.

Selain itu, THR juga dapat digunakan untuk membayar kewajiban tahunanseperti premi asuransi, perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan juga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

3. Investasi

Melalui dana THR, Anda juga dapat memulai ataupun mengembangkan investasi yang sudah dimiliki saat ini. Namun, sebelumnya Anda perlu memastikan bahwa kondisi keuangan Anda sudah cukup aman dan tidak memiliki beban kewajiban atau hutang lainnya.

Ada banyak jenis investasi yang dapat Anda pilih, seperti investasi emas, deposito, dan properti jangka panjang. Banyak pilihan properti yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda, seperti di sini.

4. Renovasi Rumah

Anda dapat menyisihkan sebagian uang THR untuk biaya renovasi rumah. Sebelumnya, perencanaan prioritas penggunaan THR juga perlu dilakukan terhadap bagian rumah mana yang akan direnovasi,dicat, perabotan apa yang akan diganti, dan perkirakan biaya yang dibutuhkan.

6. Akomodasi dan Konsumsi Hari Raya

Bagi Anda yang pergi mudik bersama keluarga, sisihkan dana THR untuk biaya transportasi, akomodasi, konsumsi, dan rekreasi selama perjalanan HariRaya. Agar tidak menjadi konsumtif, sebaiknya perjalanan serta anggarannya direncanakan terlebih dahulu. (ST)


What's On