Home / Artikel / Apa Alasannya Fitur baru IGTV Instagram Kalah Pamor dari Youtube?

Apa Alasannya Fitur baru IGTV Instagram Kalah Pamor dari Youtube?

NataProperty.com, Tangerang – Pada akhir bulan Juni di tahun 2018 menjadi tahun yang menggembirakan bagi pengguna Instagram. Karena Instagram telah menghadirkan fitur terbaru yang bernama IGTV. Fitur ini bahkan dibilang mirip dengan Youtube.

Pengguna bisa mengunggah video dan menonton video dengan durasi yang cukup panjang. Tentu saja kehadiran fitur IGTV ini disambut antusias oleh para penggunanya. Karena mereka tidak akan kebingungan lagi untuk mengunggah video ke Instagram dengan durasi yang panjang.

Namun, setelah diusut lebih jauh dan dikutip dari beberapa sumber bahwa ada kekurangan yang dimiliki IGTV yang membuat para penggunanya tidak banyak melirik fitur terbaru ini. Bahkan kalah pamor dari pesaingnya, yaitu Youtube. Berikut ini hal-hal yang menyebabkan IGTV kalah pamor dari Youtube.

1. Autoplay

Fitur IGTV memiliki keunikan yaitu Anda bisa memutar video secara otomatis atau auplay. Namun sebagian pengguna merasa dirugikan oleh keberadaan autoplay. Dikarenakan alasannya sistem autoplay ini menyedot kuota internet yang membuatnya cepat habis.

2. Video bersifat Vertikal

Tidak seperti Youtube yang memiliki kebebasan dalam mengatur ukuran video. IGTV hanya bisa mengunggah video secara vertikal atau dengan rasio 9:16. Sebagian mengatakan terasa aneh melihat atau menonton video secara vertikal karena terlihat sempit dan terbatas.


3. Tidak Ada Resolusi Video
Bagi Anda yang tidak memiliki kuota internet banyak, pastinya bisa memilih resolusi yang lebih rendah. Sehingga Anda tidak dikhawatirkan dengan kuota yang cepat habis. Hanya saja IGTV tidak menyediakan sistem pengaturan resolusi video, dan ini menyebabkan IGTV tidak banyak dikunjungi oleh para penggunanya.

4. Tampilan Beranda
IGTV hanya menampilkan video-video dari teman yang Anda follow saja, sementara di bagian tab Popular menunjukkan video populer dari berbagai negara yang tentunya belum Anda sukai. Hal ini berbeda sekali dengan Youtube yang dapat menampilkan video-video yang kita sukai.

5. Tidak ada Fitur Monetisasi
Kehadiran fitur ini sangat penting bagi content creator untuk mendulang sejumlah bayaran dari video yang dibuat. Hanya saja fitur ini tidak tersedia di IGTV.

Nah, itulah kelima hal yang menyebabkan IGTV tidak terlalu banyak dilirik para penggunanya. Namun tidak semua orang yang tidak menyukai kehadiran fitur ini, bahkan sebagian pebisnis dapat memanfaatkan fitur IGTV ini untuk memasarkan bisnisnya, lho.
(ES)


What's On