Home / News / Aplikasi PeduliLindungi, Pelacak Virus Corona Buatan Kemkominfo

Aplikasi PeduliLindungi, Pelacak Virus Corona Buatan Kemkominfo

Nataproperty.com, Tangerang – Penyebaran virus corona yang semakin parah dan hampir mengenai seluruh wilayah Indonesia, membuat masyarakat merasa khawatir dan takut terhadap keberadaan virus yang bisa ada di mana saja. Menjawab permasalahan ini, Kemkominfo telah resmi mengeluarkan sebuah aplikasi yang dapat menginformasikan pengguna terkait titik-titik penyebaran virus corona, sehingga masyarakat dapat menghindari wilayah-wilayah yang berpotensi tinggi penyebaran Covid-19.


Aplikasi ini dinamakan PeduliLindung dan dapat diunduh oleh masyarakat Indonesia melalui App Store ataupun Playstore. Di dalam aplikasi tersebut, terdapat beragam informasi yang bisa didapatkan seputar virus corona. Anda dapat mengetahui zona-zona berbahaya atau suspect penyebaran virus Covid-19. Aplikasi berbasis Bluetooth ini juga memiliki fitur tracking yang bisa mengawasi pergerakan pengguna selama 14 hari ke depan, sekaligus memberikan protokol kesehatan apabila pengguna ternyata pernah berada di dekat pasien yang positif.


Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate telah memastikan aplikasi ini aman dan memiliki tingkat keamanan server yang ketat. Data pengguna yang ada dalam aplikasi telah dilindungi dan akan secara otomatis akan dihapus saat pandemi virus corona berakhir.


Seluruh data yang ada dalam aplikasi PeduliLindungi disimpan dalam bentuk terenkripsi dan tidak dibagikan ke pengguna lain. Aplikasi PeduliLindungi telah mendukung ketentuan Suverilans Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 159 tahun 2019.


Saat ini, aplikasi tersebut dipastikan sudah memiliki total pengguna mencapai 1.915.817. Johnny berharap jumlah ini dapat meningkat dan seluruh masyarakat Indonesia bisa berpartisipasi melakukan bentuk pencegahan penyebaran virus dengan mengunduh aplikasi ini.  (JES)


What's On