Home / News / Atasi Tanah Lunak, Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Mortar Busa

Atasi Tanah Lunak, Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Mortar Busa

Nataproperty.com, Tangerang Kerusakan infrastruktur dapat disebabkan oleh tanah jalan yang terlampau lunak. Guna mengatasi hal ini, Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) berencana untuk mengembangkan salah satu teknologi terbaru bernama Mortar Busa.


Mortar bosa adalah teknik mengeraskan jalan dan mengubah dasar jalan dengan memaksimalkan busa (foam) atau mortar (pasir/air/semen). Teknik ini dinilai ideal karena busa mempunyai berat yang lebih ringan dan memiliki sifat memadat sendiri. Solusi ini dinilai menguntungkan karena dana yang diperlukan untuk memaksimalkan teknologi ini tidak memakan biaya yang mahal.


Tanpa memerlukan lahan yang lebar, teknologi ini juga memiliki keunggulan yang dapat dibangun tegak meskipun tidak ada dinding penahan atau alat pemadat. Dengan hanya membutuhkan waktu pengerjaan yang 50% lebih cepat dari konstruksi konvensional, teknologi ini terjamin lebih unggul dan lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan alami.


Pemanfaatan teknologi ini sudah pernah dilakukan di Indonesia, tepatnya pada projek Jalan Layang Antapani di Bandung yang menggunakan Corrugated Martar Busa Pusjatan atau CMP. Terdapat juga proyek lain yang menggunakan teknik Martor Busa ini yaitu Flyover Klonengan di Tegal dan Flyover Manahan di Solo.


Diharapkan, teknologi ini dapat terus berkembang dan membantu pembangunan infrastruktur di semua jalan Indonesia. Terlebih mengingat jumlah 20 juta hektar atau sekitar 10 persen dari total seluruh jalan Indonesia yang dibangun di daratan tanah yang lunak. (JES)

 


What's On