Home / News / China dan Jepang Berencana untuk Membuat Satelit Mini Seperti AS

China dan Jepang Berencana untuk Membuat Satelit Mini Seperti AS

Nataproperty.com, Tangerang – Setiap negara tentu ingin memberikan pelayanan optimal bagi masyarakatnya, termasuk di bidang internet dan jaringan. Seperti halnya di Amerika Serikat, perusahaan transportasi bernama SpaceX telah berhasil meluncurkan 60 satelit mini ke orbit rendah Bumi dengan ketinggian 280 km.


Satelit mini bernama Starlink ini dipastikan dapat memberikan jaringan internet cepat dan andal tanpa membutuhkan konektivitas. Jaringan dari Starlink juga dipastikan dapat mencapai wilayah pedesaan dan tempat-tempat yang membutuhkan biaya lebih untuk menggunakan internet.


Dilansir dari CNNIndonesia.com, saat ini tercatat sudah terdapat 300 satelit yang telah mengorbit dengan tambahan 12 ribu satelit yang masih direncanakan. Itulah mengapa, negara Jepang dan China juga turut mengambil andil untuk mengembangkan satelit mini tersebut.


Hal ini dibuktikan dengan perusahaan e-commerce asal Jepang bernama Rakuten yang telah membeli saham AST & Science dari Amerika Serikat. Saham yang bernilai US$110 juta ini rencana akan bertujuan untuk proyek terbaru yang disebut SpaceMobile. Tidak hanya Rakuten, Samsung juga berencana akan turut berinvestasi pada proyek ini melalui Samsung Next.


Tidak ingin ketinggalan, negara China dengan perusahan otomotif unggulannya, Geely Holding, juga berencana mengembangkan satelit mini yang sama. Diharapkan dengan adanya perencanaan satelit ini, mobil otonom yang dirancang dapat menggunakan internet kecepatan tinggi. (JES)