Home / News / Dengan Teknologi Konstruksi Modular, Bikin Rumah Jadi Lebih Cepat

Dengan Teknologi Konstruksi Modular, Bikin Rumah Jadi Lebih Cepat

Nataproperty, Tangerang – Bisnis modular saat ini belum banyak dikenal, tapi diperkirakan akan semakin popular dalam beberapa tahun ke depan. Di Indonesia, PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WEGE) merupakan pelopor teknologi konstruksi modular.

Modular merupakan tren teknologi konstruksi yang akan terus diminati di masa depan. Modular adalah bangunan yang terdiri dari komponen buatan/rakitan pabrik (off site) menjadi panel modular. Teknologi ini memiliki keunggulan dalam hal efisiensi waktu pekerjaan, ramah lingkungan, dan berkualitas.

Teknologi modular ini juga memiliki sistem aplikasi yang mudah, cepat dan menjadi salah satu solusi untuk mengakomodir kebutuhan penduduk akan hunian dengan mengutamakan prinsip bangunan ramah lingkungan.

Metode modular atau offsite construction merupakan solusi konstruksi masa depan. Dengan segala keunggulannya, metode ini member dampak positif terhadap perkembangan bisnis properti.

Teknologi modular mendatangkan lebih besar baik secara finansial maupun kualitas ketimbang teknologi konvensional. Offsite construction adalah seluruh komponen konstruksi yang dirangkai di luar lokasi proyek dan dikombinasikan menjadi kesatuan volumetrik bangunan.

Teknologi konstruksi modular menghasilkan rumah instan, rumah panel, dan rumah prefabrikasi yang ekonomis dan ramah lingkungan. Desain-nya fleksibel dan mudah dirancang untuk beradaptasi dengan lokasi, sehingga menguntungkan bagi developer sekaligus berdampak sosial yang luas. 

Diharapkan dengan lebih terbukanya wawasan mengenai metode offsite construction, perkembangan teknologi konstruksi modular di Indonesia dapat lebih cepat bersaing secara global, mengingat metode ini sudah lama diaplikasikan di Negara-negara maju dan berkembang. (EC)