Home / News / Hindari Rugi, Perhatikan Poin Ini Sebelum Berinvestasi Properti

Hindari Rugi, Perhatikan Poin Ini Sebelum Berinvestasi Properti

Nataproptech, SerpongSelain dijadikan hunian pribadi, sebagian masyarakat memanfaatkan rumah sebagaiinvestasi.Investasi properti dapatmenjadi penghasilan rutin di masa depan. Alasannya, properti dapat disewakandengan sistem pembayaran tiap bulan.

Investasi properti merupakan jenis investasi jangkapanjang.Ini artinya, Anda baru dapat menikmati keuntungandari investasi tersebut di atas 10 tahun. Selain itu, investasiini masuk dalam golongan investasi padat modal. KarenaAnda membutuhkan modal yang besar untuk membeli hunian tersebut. Selain itu,Anda juga harus menyiapkan dana untuk perawatan dan perlingungan properti.

Anda harus berhitung jangan sampai malah menuai rugidi kemudian hari. Berikut poin yang harus Anda ketahui sebelum berinvestasiproperti.

Tentukan tujuan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalahmenentukan tujuan dari investasi properti. Tujuan berinvestasi menentukan caraAnda mengolah properti tersebut. Tujuan tersebut menjadi pemandu Anda untukmemilih strategi investasi yang tepat, sehingga hasil investasi sesuai dengantarget yang Anda buat.

Bila Anda ingin mendapatkan keuntungan rutin perbulan atau per tahun, maka sewakan hunian Anda. Rumah kontrakan atau kos-kosanbisa jadi model investasi yang cocok untuk Anda. Sebaiknya memilih lokasi yangstrategis untuk menempatkan properti. Tujuannya, agar Anda tidak kesulitanuntuk mencari konsumen.

Bila Anda ingin menuai untung besar dariberinvestasi properti, maka Anda lebih baikmembeli rumah atau properti daerah yang sedang berkembang.

Lakukan survei

Hal kedua, Anda tidak boleh terburu-buru membeliproperti. Sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu. Anda sebaiknyamencari info tentang lokasi yang sesuai dengan tujuan investasi. Sehingga, Andatidak sampai salah pilih lokasi properti. Kemudian, Anda wajib melakukan surveyterhadap pengembang properti. Khusus untuk Anda yang inginmembeli hunian, ruko, atau gedung siap pakai.

Pastikan pengembang memilikitrack record baik. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari potensikerugian atau dicurangi pengembang. Selain itu, Anda juga wajib melakukancek and ricek kelengkapan dokumenproperti tersebut. Jangan sampai, Anda membeli properti dengan surat bodong.Bila sampai terjadi, Anda hanya akan menuai rugi.

Siapkan dana

Langkah ketiga adalah menyiapkan dana untuk membeliproperti tersebut. Investasi properti membutuhkan modal yang besar. Jadi, pastikanAndamempunyai dana yang cukup.Sebaiknya Anda menyiapkan dana khusus untuk membeli properti tersebut. KarenaAnda tidak boleh menggunakan dana pendidikan anak atau dana darurat.

Alasannya, investasi properti merupakan tipeinvestasi jangka panjang. Sehingga, Anda tidak dapat menuai keuntungan dalamwaktu cepat. Bila Anda membeli properti tersebut dengan sistem cicilan atauKPR, pastikan keuangan dalam kondisi sehat.

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang akan menyewakanproperti tersebut untuk menutupi biaya cicilan. Alasannya, Anda tetap bisamembayar cicilan setiap bulannya ketika belum menemukan penyewa. Jangan lupaAnda juga harus menganggarkan dana untuk perawatan properti. Sehingga, hunian,ruko, atau gedung tersebut selalu dalam kondisi baik dan layak.

Asuransikanproperti

Hal keempat yang harus Anda lakukan adalahmelindungi properti tersebut dengan asuransi. Tujuannya, agar Anda tidakmenanggung rugi ketika properti rusak akibat bencana alam, kebakaran, danlainnya. Sebaiknya mengasuransikan properti beserta isinya. Agar Anda tidakharus merogoh kocek kembali untuk membeli perlengkapan rumah.

Pelajari kontrakjual beli atau sewa

Hal terakhir yang wajib Anda lakukan adalahmembuat kontrak sewa properti dengan jelas. Misalnya Anda membebankan biayaperbaikan kerusakan hunian kepada penyewa selama masa kontrak properti berlaku.Jadi, Anda tidak harus merogoh kocek pribadi untuk membayar renovasi properti.(EC)