Home / News / Kementerian PUPR: Sektor Perumahan Dorong Pemulihan Ekonomi

Kementerian PUPR: Sektor Perumahan Dorong Pemulihan Ekonomi

Nataproperty.com, Tangerang – Hampir semuasektor bisnis telah mengalami penurunan penjualan sejak pandemi coronamenyerang pada Maret 2020. Terkhusus pada bidang perekonomian, sejumlahperusahaan dan bidang pelayanan jasa maupun barang  mengalami penurunan yang menyebabkan situasiekonomi menjadi terombang-ambing.


Dilansir dari medcom.id, menjawabpermasalahan tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)menyatakan bahwa sektor perumahan dapat menjadi salah satu sektor pembangkityang bisa mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).


“Sektor properti memiliki multipliereffect yang besar dalam menggerakan lebih dari 140 industri, seperti materialbahan bangunan, genteng, semen, paku, besi, kayu, dan lainnya, sehingga akanmemengaruhi produktivitas masyarakat kita,” ujar Menteri PUPR BasukiHadimuljono pada Minggu 23 Agustus 2020 kemarin.


Ia juga menambahkan, pemerintahIndonesia telah mendukung masyarakat untuk memiliki hunian dengan memberikankualitas terbaik pada rumah bersubsidi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah(MBR). Peningkatan kualitas ini ditunjukkan dalam bentuk sanitasi, kualitasbangunan, serta air bersih yang nantinya akan tersedia pada rumah bersubsidi.


Selama adanya PSBB saat pandemi,permintaan perumahan bersubsidi mengalami kenaikan hingga 70 persen, samahalnya dengan perumahan nonsubsidi yang naik 30 persen. Itulah mengapa, trenpositif yang diberikan oleh sektor perumahan dipercaya dapat mengambil peranpenting dalam pemulihan perekonomian Indonesia.


Kementerian PUPR berharap, komunitasperumahan, asosiasi pengembang, Lembaga Jasa Keuangan, serta bank krediturmampu terus bekerjasama guna mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat yangingin membeli rumah. Apabila pembelian rumah mengalami peningkatan,perekonomian Indonesia juga dapat turut meningkat dan mengalami perkembangan.(JES)

 


What's On