Home / Artikel / Manfaat CMS

Manfaat CMS

NataProperty.com, Tangerang -  Kata “CMS” mungkin sudah tidak asing lagi di industri website mengingat banyaknya manfaat dan kemudahan yang bisa didapatkan dengan penggunaan CMS. Namun ternyata, tidak sedikit pengguna yang sebenarnya tidak mengerti lebih dalam dengan pengertian dan guna CMS itu tersendiri.
CMS merupakan singkatan dari Content Management System, yaitu sebuah aplikasi (umumnya berbasis website) yang memungkinkan beberapa user untuk menggunakan atau mengatur konten, data dan informasi sebuah website atau aplikasi. Aktivitas ini termasuk membuat, mengedit, menghapus, mempublikasikan atau mendistribusikan konten, data dan informasi.
Di samping itu, CMS juga dapat diartikan sebagai aplikasi yang memungkinkan beberapa user untuk melakukan banyak aktivitas dalam menjalankan website tanpa perlu memiliki pengetahuan mengenai HTML (Agar lebih jelas, di bawah ini adalah seluruh aktivitas yang bisa dilakukan dengan CMS:
  • Membuat, mengedit, mempublikasikan halaman website/artikel/blog/press release
  • Menambahkan atau mengedit penjelasan mengenai event pada Event Calendar
  • Menambahkan atau mengedit inventaris (produk), deskripsi, spesifikasi produk, harga, foto dan keterangan lainnya
  • Memasukkan, mengedit atau melihat oder, slip print packing dan invoice
  • Membuat dan mengedit user yang memiliki akses berbedaHyperText Markup Language).
Tujuan utama dibuat dan digunakannya CMS adalah menyediakan kemampuan untuk sejumlah user dengan level akses berbeda yang bertugas menjalankan dan mengatur sebuah website atau konten di dalamnya.
Misalnya, Anda bisa membuat sebuah website yang lengkap dengan artikel, blog, press release, toko online, event dan menugaskan beberapa user yang diberi akses untuk mengurus masing-masing bagian tersebut. (IC)


What's On