Home / Tips / Membuat Ruangan Kamar Tetap Hangat di Saat Musim Hujan

Membuat Ruangan Kamar Tetap Hangat di Saat Musim Hujan

Nataproperty.com, Tangerang - Saat musim hujan seperti ini, berdiam diri di dalam kamar sembari berselimut tentu menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Terlebih, bila hal itu dilakukan saat liburan atau akhir pekan.

Namun, sering kali meski telah berselimut, hawa dingin tetap masuk ke dalam kamar. Bahkan, ketika AC atau kipas angin telah dimatikan sekali pun, kita masih sering merasa kedinginan.

Berikut ini ada beberapa tips yang dirangkum untuk membuat ruangan kamar Anda menjadi lebih hangat, diantaranya:

1. Jauhkan kasur dari jendela   
Pastikan hal tersebut Anda lakukan. Menutup jendela memang cukup ampuh untuk menahan laju angin yang masuk dari luar ke dalam ruangan kamar Anda. Terlebih jika hujan turun disertai dengan badai, pastikan semua jendela rumah dalam keadaan terkunci.

Tapi mengubah posisi kasur dengan menjauhi jendela adalah cara yang sedikit lebih ampuh untuk menambah kehangatan.

2. Ganti tirai dengan yang lebih tebal



Penggunaan tirai pada jendela memiliki fungsi untuk menahan udara dingin yang masuk ke dalam ruangan kamar Anda. Selain menggunakan tirai, agar ruangan tetap hangat saat hujan, Anda juga dapat menutupi jendela dengan lembaran plastik bening. Sehingga membuatnya menjadi kedap udara.

Setelah menjauhkan kasur dan jendela, kini tiba saatnya Anda untuk mengganti tirai dengan yang lebih tebal. Dengan demikian, bila masih ada angin bandel yang masuk lewat celah jendela, dapat diminimalisir oleh tirai tersebut.

Baca juga: Ssst, Begini Caranya Membaca Pesan Whatsapp dan Facebook Secara Rahasia

3. Pasang karpet



Saat musim hujan, biasanya lantai rumah akan jauh lebih dingin. Bila Anda gemar berjalan tanpa alas kaki, tentu hawa dingin dari lantai rumah akan cukup menyentak kaki Anda. Lantai yang menggunakan karpet dapat membantu mencegah hilangnya panas melalui permukaan lantai. Karpet umumnya lebih hangat dibanding lantai kayu atau batu.

Sehingga memasang karpet mungkin adalah cara yang cukup bijak untuk mengurangi hawa dingin di lantai. Bila Anda ingin lebih nyaman, tak ada salahnya bila memasang karpet berbulu.

4. Ganti selimut dengan bahan flanel



Jika selimut yang Anda pakai saat ini cukup tipis, cepat ganti dengan bahan yang lebih tebal seperti flanel atau wol. Ini adalah saat yang tepat untuk membuat kamar tidur Anda seperti suite hotel mewah dengan lapisan kehangatan yang nyaman. Untuk menambah serasi, Anda juga bisa mengganti sprei dengan warna senada.

5. Tutup setiap celah
Baik itu rumah baru atau tua, pasti ada saja sudut yang memiliki celah sehingga udara dari luar bisa masuk. Jika Anda menemukannya, carilah pelapis yang berbahan dasar karet untuk menutupnya. Atau bila Anda tidak bisa menemukannya, gunakan kain atau selotip untuk menutup celah antara pintu dan lantai, atau jendela dan ambang jendela. Karena dengan menutup semua bagian yang ada diruangan anda  tentunya akan membuat ruangan menjadi lebih hangat. (SU)


What's On