Home / Artikel / Mengenal Cara Kerja CRM dan Fungsinya Dalam Bisnis

Mengenal Cara Kerja CRM dan Fungsinya Dalam Bisnis

NataProperty.com, Tangerang –  Istilah CRM dalam manajemen marketing tentu bukanlah hal yang asing untuk didengar. Customer Relationship Management atau CRM adalah sebuah strategi yang dijalankan oleh suatu perusahaan untuk menjaga hubungannya dengan pelanggan degan hasil akhir loyalitas.

Kenyataannya banyak perusahaan yang telah berusaha bahkan telah menjalankan strategi CRM. Coba kita tengok di perusahaan besar seperti perbankan di Indonesia, hampir semuanya menjalankan program-program yang tujuannya adalah untuk menjaga pelanggan yang ada agar tetap loyal, mebeli lagi dan lagi. Namun, bagaimana cara kerja sistem CRM ini beserta fungsinya dalam sebuah bisnis? Berikut ini ulasan singkatnya:

1.    Menciptakan Lingkaran Komunikasi
Customer Relationship Management ini bekerja dengan cara menciptakan lingkaran komunikasi antara perusahaan dengan pelanggannya. Ini adalah sebuah kunci untuk membangun hubungan yang sehat antara pelanggan dengan perusahaan. Komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan cara menentukan saluran komunikasi untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan baik dengan via offline (Gathering, Kelas, Seminar, Home Visit, Outlet, dll) ataupun online (Telepon, SMS, e-mail, Mail, Sosial Media seperti Instagram, facebook, dan lain sebagainya).

Dengan terciptanya komunikasi yang interaktif, perusahaan pun akan mendapatkan loyalitas pelanggan dengan mendengarkan segala kebutuhan dan juga keluhan pelanggan sehingga keinginan pelanggan pun dapat terpenuhi. Hidup di jaman real time communication ini berarti hampir seluruh pelanggan setia yang Anda miliki dapat langsung terhubung bisa secara online hanya dengan genggaman tangan dari smartphone Anda. Dengan begitu sudah semestinya tidak lagi ada kekurangan dalam berkomunikasi antara perusahaan dengan pelanggan.

2.    Profil Pelanggan
Sebagai pemasar Anda harus paham benar bagaimana status dan kondisi pelanggan yang Anda miliki. Untuk itu Anda pun harus mengenal profil pelanggan yang Anda miliki agar memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran. Ataupun sebaliknya, dalam kondisi dimana profil pelanggan tidak jelas maka Anda akan kesulitan untuk memasarkan atau menawarkan produk yang Anda miliki kepada pelanggan Anda tersebut.


Maka dari itu, profil pelanggan ini meliputi banyak hal, seperti: Siapa mereka, Siapa saja yang ada dalam keluarga, Apa pekerjaan, Apa ambisi – ambisi, Apa yang mereka suka dan tidak, Kebiasaan belanja, dan lainnya. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan profil pelanggan yang memadai seperti:

•    Menambah info pelanggan dari waktu ke waktu. Setiap ada kesmepatan berkomunikasi dengan pelanggan, selalu dilakukan update data / informasi pelanggan.
•    Memanfaatkan saluran komunikasi. Memaksimalkan setiap saluran untuk mendapatkan informasi pelanggan.
•    Mengenal pelanggan lebih dalam. Semakin  banyak informasi, semakin dalam perkenalan kita dengan pelanggan.

3.    Menggunakan data
Dengan menggunakan data tentunya informasi pelanggan yang Anda miliki dapat tersimpan dengan baik. Selain itu, dengan adanya data pelanggan tersebut Anda pun bisa membuat program sesuai dengan profil masing-masing pelanggan yang Anda punya. Hal ini meliputi Seberapa sering mereka membeli dari Anda, berapa uang yang mereka belanjakan untuk membeli produk Anda, kapan terakhir kali mereka membeli dari Anda.

4.    Kebutuhan dan keinginan pelanggan
Dalam membangun sebuah hubungan, mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan adalah salah satu kunci untuk memberikan servis yang terbaik untuk pelanggan setia Anda. Sehingga nantinya akan menghasilkan hubungan yang semakin terjaga.

Dalam hal ini, apa yang harus dilakukan? Selalu tanyakan dan dapatkan satu atau dua hal setiap berkomunikasi dengan pelanggan. Kegiatan ini akan memperkaya database Anda tentang pelanggan yang pada akhirnya akan memudahkan Anda memberikan service dan produk sesuai need dan want mereka. Mungkin tidak mudah untuk membuat pelanggan sukarela memberikan data yang Anda inginkan, tapi jangan khawatir, ada banyak cara. Misalnya untuk mendapatkan data email, anda bisa membuat program kuis berhadiah syarat kepesertaan adalah mendaftar menggunakan email. (SU)


What's On