Home / News / MIT Amerika Serikat Ciptakan Alat Pendeteksi Pasien Corona dari Rumah

MIT Amerika Serikat Ciptakan Alat Pendeteksi Pasien Corona dari Rumah

Nataconnexindo.com, Tangerang – Virus coronatelah mewabah dan membuat khawatir seluruh lapisan masyarakat di dunia.Berbagai peneliti dan tim medis telah berusaha sekeras mungkin membantu danmelakukan tindak pengobatan untuk segera menghilangkan virus ini.


Termasuk dengan sejumlah penelitiCSAIL (Computer Science and ArtificialIntelligence Laboratory)dari Institut TeknologiMassachusetts yang saat ini sedang mengembangkan sebuah alat yang bisamendeteksi pernapasan pasien corona yang melakukan perawatan mandiri dari rumahmereka masing-masing.


Dilansir dari CNNIndonesia.com,alat yang berbentuk hampir sama seperti router wifi ini nantinya akan dapatmengamati pola pernapasan pasien, melalui aktivitas-aktivitas yang dilakukanoleh pasien di dalam rumah. Teknologi yang dimanfaatkan dalam pembentukan alatini pastinya merupakan Artificial Intelligence yang telah dipadukan dengansinyal nirkabel.


Para penliti asal MIT tersebuttelah menamakan alat ini dengan sebutan Emerald. Tidak hanya berguna untukmengawasi pola pernapasan pasien, alat ini juga dapat berfungsi untuk memantaupola tidur para pasien dari kejauhan. Vahia, selaku Asisten Profesor Psikiatridari Harvard Medical School mengungkapkan, alat ini nantinya juga dapatdigunakan oleh para penderita gangguan kecemasan dan insomnia.


Pengawas kesehatan dari Heritage AssitedLiving, William McGory juga menambahkan, alat ini akan sangat membantu paralansia yang berada di panti jompo, mengingat penyebaran virus COVID-19 yangsangat berisiko tinggi pada lanjut usia.(JES) 


What's On