Home / News / Panduan Membeli Hunian Idaman

Panduan Membeli Hunian Idaman

Nataproptech, SerpongMemiliki hunian idaman tentu menjadi keinginan semuaorang. Tapi untuk mendapatkan hunian yang aman dan nyaman tidak semudah sepertiyang dibayangkan. Layaknya mencari jodoh, Anda harus mempertimbangkan berbagaiaspek dan memperhitungkan secara matang seluruh hal yang dibutuhkan.

Dalam menentukan hunian idaman, tentu saja peranarsitek tidak bisa dilupakan. Ini dia beberapa tips yang bisa menjadi panduanbagi Anda dalam memilih tenpat tinggal yang tepat.

MenghitungAnggaran

Faktor ekonomi adalah hal yang paling krusial dalammemilih hunian. Bila Anda memiliki dana cukup besar, tentu membeli rumah atauApartemen dengan cara tunai bisa menjadi pilihan. Namun bila dana Andaterbatas, pertimbangkan untuk membeli secara kredit dengan cicilan dan tenoryang sesuai dengan kemampuan. Anda juga harus menyisihkan dana sebesarsetidaknya 30 persen dariharga rumahsebagaidown payment bila membelidengan cara kredit. Perhitungkan juga biaya tambahan lainnya terkait denganpajak dan administrasi pengajuan kredit.

Pilih huniansesuai kebutuhan

Apartemen bisa menjadi pilihan yang tepat apabilaAnda sudah menikah tapi belum memiliki anak. Tapi jika Anda tinggal bersamaorang tua dan anak-anak tentu harus mempertimbangkan untuk memiliki rumahdengan lebih dari 3 kamar serta halaman yang luas. Pencarian sesuai kebutuhanakan mempercepat proses menemukan hunian idaman.

Tentukan lokasi

Pastikan lokasi hunian dekat dengan tempat Andabekerja. Bila menginginkan rumah tapak dengan halaman luas sementara pekerjaantidak mengharuskan Anda sering ke pusat kota, membeli rumah di pinggiran kotaJakarta bisa menjadi solusinya. Biasanya rumah di pinggiran kota berharga lebihterjangkau ketimbang yang berlokasi di tengah kota. Idealnya adalah tinggal ditengah kota karena bisa menekan biaya transportasi supaya lebih rendah. Dengancara ini maka sisa biaya bisa dialihkan untuk tambahan biayacicilan KPR atau KPA.

Gunakan jasaagen properti

Jika Anda orang yang sibuk, maka menggunakan jasaagen properti bisa mempermudah danmempercepat pencarian hunian. Anda cukup menyebutkan kriteria hunian yangdiinginkan, lokasi serta anggaran Anda, dan mereka akan mencarikan hunian yangpaling sesuai untuk Anda.

Minusnya adalah adanya biaya tambahan sepertijasa untuk agen properti yang membantu mewujudkan impian Anda, meski biasanyadibebankan kepada penjual properti.(EC)