Home / News / Pemerintah Indonesia Mempercepat Produksi Pesawat Drone di Tahun 2022

Pemerintah Indonesia Mempercepat Produksi Pesawat Drone di Tahun 2022

Nataproperty.com, Tangerang – Pesawatudara nirawak atau yang kita kenal dengan istilah Drone memang semakin marakdigunakan oleh masyarakat, terlebih karena fungsinya yang praktis dan sangatberguna untuk merekam dan melihat sesuatu dari atas.


Mengingat hal ini, pemerintahIndonesia resmi memajukan rencana produksi Drone yang semula di tahun 2024menjadi di tahun 2022. Pernyataan ini disampaikan oleh Bambang Brodjonegoro selakuMenteri Riset dan Teknologi usai rapat terbatas di Kompleks Kepresidenan.


Rencananya, jumlah drone yangdiproduksi akan mencapai lima buah dan dikelola dalam sisi manufaktur oleh PTDigantara Indonesia dan PT Len Industri. Dana yang dibutuhkan untuk memulaiprosesdroneini dikabarkan akan mencapaihingga Rp. 1,1 triiliun.


Pemerintah menilai target produksidrone ini sebagai sebuah produk keunggulanmilik Indonesia, sehingga pemerintah akan memrioritaskan dan segera mempercepatpelaksanaan ini untuk segera dilakukan.  Sebelumdilakukan peluncuran, drone rencana akan dievaluasi terlebih dahulu sehinggajumlah kebutuhan drone dapat ditentukan secara optimal, sesuai dengan yangdiperlukan oleh pemerintah Indonesia.


Jokowi menambahkan, agar tidak hanyaBUMN, tetapi sektor swasta juga dapat turut mendanai agar turut berpartisipasidalam pengembangan produk unggulan di dalam negeri. Terdapat juga lima produklain yang akan diproduksi oleh Indonesia, yaitu bahan bakar nabati, stem cell,makanan kaleng, kapal pelat datar, dan garam industri terintegrasi.


Jokowi juga berharap agar produksiindustri hilirisasi ini dapat segera teralisasi agar menyusul produk unggulanIndonesia lainnya, seperti kapal pelat datar dan alat stem cell ortopedi. Semogaproduksidroneini dapat sesuaidengan yang diharapkan oleh pemerintah Indonesia, sehingga kemajuan industriIndonesia juga dapat ditingkatkan dan membawa harum nama Indonesia.(JES)