Home / Artikel / People Mover Concept Jababeka

People Mover Concept Jababeka

NataProperty.com, Tangerang - Kawasan industri Jababeka yang dibangun di atas lahan sebesar 5.600 ha di Cikarang, Bekasi, berkembang menuju kota mandiri baru di koridor timur Jakarta. Jika sebelumnya hanya tersedia pengembangan kawasan, industri yang sekarang berkembang menjadi hunian dengan banyak ragam fasilitas pendukungnya lainnya.

Populasi  masyarakat di kawasan Jababeka sendiri saat ini terdapat sekitar 1 juta orang. Sementara terdapat 1.650 perusahaan yang beroperasi sebagai perusahaan lokal maupun multinasional. Ribuan perusahaan tersebut berasal dari 30 negara dengan jumlah karyawan kurang lebih 600.000 orang.

Sutedja S. Darmono, Presiden Direktur  PT Grahabuana Cikarang, anak perusahaan PT Jababeka Tbk, saat diwawancara media gathering di Jakarta beberapa hari lalu menyatakan “Berbagai infrastruktur transportasi dari Jakarta saat ini arahnya ke Cikarang. Kita bisa lihat proyek kereta ringan LRT yang akan mengoneksikan Jakarta-Bekasi Timur dan selanjutnya ke Cikarang tahun 2018. Pengembangan commuter line menjadi double double track, jalan tol elevated Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, dan sebagainya.” 

“Jababeka telah menjelma menjadi sebuah komunitas dan populasi besar. Hal ini harus dikelola untuk mewujudkan kota mandiri yang nyaman untuk tinggal, bekerja, sekaligus potensial untuk berinvestasi.” ucapnya.

Sejalan dengan pengembangan infrastruktur transportasi, Jababeka juga akan membangun fasilitas mobilitas untuk karyawan dan penghuni yang tinggal di kawasan tersebut, yaitu suatu moda transportasi dengan konsep automated people mover concept yang menghubungkan terminal atau stasiun dengan bus feeder. Fasilitas mobilitas ini nantinya akan terintegrasi dengan seluruh proyek transportasi yang dikembangkan oleh pemerintah. (ST)


What's On