Home / News / Progres Pembangunan LRT Indonesia Capai 72 Persen

Progres Pembangunan LRT Indonesia Capai 72 Persen

Nataproperty.com, Tangerang – Anda pastisudah tidak sabar merasakan kecanggihan kereta LRT yang akan segera tiba danmelalui kawasan Jabodebek (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi) ini. Meski sudah adalintasan pelayanan LRT yang telah beroperasi, tetapi masih terdapat lintasanlain yang masih dalam tahap pengerjaan.


Mengutip dari kompas.com, terdapatLintas Pelayanan I jalur Cawang-Cibubur yang telah mencapai tahap peningkatan progrestertinggi, yakni 88 persen. Disusul oleh Lintas Pelayanan II jalur Cawang-DukuhAtas yang sudah mencapai tahapan 67 persen, dan Lintas Pelayanan IIICawang-Bekasi Timur yang kini mencapai 64 persen.


Isman Widodo selaku General ManagerPerkeretaapian Indonesia mengungkapkan, kendala yang dialami dalam prosespembangunan LRT ini terdapat pada pengerjaan depo yang masih dalam prosesperizinan dan pembebasan lahan dari pemerintah. Ia juga menambahkan,keterlambatannya depo ini telah menghambat progres LRT, sehingga pengerjaanproyek fisik dikatakan dapat rampung pada tahun 2021 kelak.


LRT Jabodetabek ini dipastikan akandapat beroperasional dan digunakan oleh masyarakat pada tahun 2022 mendatang.Akan terdapat berbagai stasiun yang siap menjadi tempat pemberhentian keretaini, diantaranya adalah Stasiun Cawang, Stasiun Taman Mini, Stasiun BekasiBarat, Stasiun Cikunir, dll.


Proyek pembangunan LRT memang telahresmi bersetifikat dan mendapat dukungan penuh dan persetujuan dari KementerianPekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bahkan, jembatan LRT yang jugasedang dalam pembangunan telah memecahkan dua rekor muri, yaitu Rekor JembatanKereta Box Beton Lengkung dengan Bentang Terpanjang dan Radius Terkecil diIndonesia, serta Pengujian Axial Statistic Loading Test dengan Beban Terbesardi Indonesia. (JES)