Home / News / Singapura Siap Terapkan Kendaraan Otonom

Singapura Siap Terapkan Kendaraan Otonom

Nataproperty.com, Tangerang – Pernahkah Anda mendengar istilah mobil otonom? Mobil otonom adalah mobil yang bisa melaju meski tanpa adanya supir atau pengemudi yang mengendarainya. Kehadiran mobil otonom sering diragukan oleh sebagian dari masyarakat, karena terlalu mustahil untuk diterapkan. Tapi ternyata, Singapura berhasil menjadi satu-satunya negara ASEAN pertama yang resmi menerapkan kendaraan otonom di masa yang akan datang, tepatnya di tahun 2022.


Hal ini semakin membuktikan bahwa perkembangan teknologi tidak melulu hanya mempengaruhi dunia elektronik, tetapi juga dunia transportasi. Kendaraan otonom ini berhasil dioperasikan dengan percobaan bus otonom yang telah dilakukan di Singapura pada tanggal 15 November 2019.


Rencananya, Singapura akan mengembangkan bus otonom ini di tiga distrik yang berbeda, yaitu daerah Punggol, Tengah, dan Jurong. Dipastikan Singapura akan berkolaborasi dengan Belanda dalam membuat sistem penunjang bus otonom tersebut. Singapura juga menyebutkan bahwa peluncuran bus otonom ini akan diawasi secara ketat oleh perusahaan teknologi yang sudah terpercaya bersama dengan pembuat mobil di seluruh dunia. Bahkan, Singapura telah membuat lembaga riset khusus untuk meneliti mobil otonom ini di Nanyang Technological University.


Segala peraturan yang nantinya akan diterapkan juga sudah mulai didiskusikan oleh pemerintah Singapura. Sistem operasi infrastruktur, penambahan kamera pintar dan sensor, serta ukuran kendaraan juga mulai diteliti lebih dalam oleh pemerintah Singapura dengan Singapore Technologies Engineering (ST Engineering).


Semoga diciptakannya mobil otonom dapat memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan manusia dan memudahkan segala aktivitas kita di masa depan. Meskipun kehadiran mobil otonom ini diragukan, tetapi jika berhasil dioperasikan, mobil otonom ini tentu akan menjadi titik kemajuan transportasi baru yang semakin canggih dan inspirasi bagi perkembangan kendaraan di Indonesia. (JES)