Home / Artikel / Tanda Browser Anda Sudah Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya

Tanda Browser Anda Sudah Terjangkit Malware dan Cara Mengatasinya

NataProperty.com,Tangerang - Mendengar kata virus, banyak pengguna yang menganggap bahwa itu hanya dapat terjadi pada program-program atau aplikasi yang dimiliki. Perlu diketahui bahwavirus juga dapat menyerang melalui program web browser.

Nah, apa saja sih tanda-tanda virus yang menyerang melalui browser? Kali ini akan dibahas mengenai7 tanda virus menyerang melalui program web browser. Ingin tahu selengkapnya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Homepage Pada Browser Berganti Menjadi Situs Lain

Setiap program web browser yang berbeda-beda penyedianya, pastinya akan menampilkan tampilan awal browser atau homepage sesuai layanan dari tiap-tiap penyedia, seperti Google Chrome. Google Chrome akan menampilkan homepage atau awal browser yaitu mesin pencari.

Namun, virus tersebut akan menyerang browser Anda dengan mengubah tampilan awal browser. Kita tidak pernah mengubah tetapi virus itu sendiri yang mengubahnya. Biasanya virus ini kerap terjadi ketika Anda men-download konten, aplikasi, video, musik, dan lainnya di situs yang tidak dipercaya.

2. Muncul Tab Baru Secara Massal
   
Hampir setiap pengguna internet ingin mencari informasi menggunakan aplikasi web browser. Pernahkah Anda mengklik suatu teks atau gambar yang mengarahkan Anda ke berbagai situs dan membuat aplikasi web browser memberikan tab-tab baru secara massal?

Baca juga:Aplikasi Ramah Kuota dari Google, Wajib Coba!

Biasanya link-link yang keluar tersebut tidak ada kaitannya dengan apa yang sedang dicari. Tujuan dari fungsi tersebut adalah agar setiap user mengarah ke situs yang telah ditentukan dari virus tersebut dan parahnya kalau link tersebut membuat Anda harus download program atau aplikasi tersebut secara otomatis.

3. Loading Website Atau Situs Menjadi Lemot

Browsing lambat atau berat biasanya bisa terjadi karena koneksi internet yang Anda miliki tidak stabil atau ping yang besar. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan karena kemungkinan virus yang menyerang sistem browser Anda. Biasanya, virus tersebut telah masuk ke dalam sistem aplikasi browser yang Anda miliki. Solusinya Anda dapat meng-instal ulang aplikasi browser tersebut.

4. Browser Jadi Sangat Lambat Ketika Baru Pertama Kali Dibuka

Sebelum menyimpulkan bahwa browser kamu sangat lambat ketika pertama kali dibuka karena virus, pastikan Anda tidak membuka banyak aplikasi sehingga membuat memori RAM penuh. Jika benar, virus itu akan membebani komputer atau gadget Anda dengan berlebihan. Virus tersebut dapat dilihat bagi yang menggunakan komputer atau laptop dengan cara membuka task manager dan melihat berapa besar aplikasi browser Anda memakan memori RAM.

5. Muncul Toolbar Pada Aplikasi Browser

Setiap penyedia aplikasi web browser pasti memberikan fitur-fitur yang menarik dan membuat user mudah berinteraksi dengan aplikasi tersebut. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa virus dapat menyerang browser Anda menggunakan toolbar yang telah terinstal di aplikasi browser.

Dampak dari virus tersebut terjadi ketika Anda sedang melakukan pencarian, browser otomatis akan mengarahkan ke situs lain atau mengubah target mesin pencari pada browser. Hati-hati dengan kondisi seperti ini karena hal ini kemungkinan salah satu indikasi browser Anda terserang virus.

6. Muncul Iklan-Iklan yang Tidak Beraturan

Iklan memang bisa muncul di setiap website yang kamu kunjungi. Salah satu cara website tersebut memperoleh keuntungan adalah dari iklan-iklan yang muncul di tampilan website tersebut. Salah satu iklan yang biasanya bukan disediakan dari website tersebut adalah ketika iklan itu tampil berbeda dengan konten yang ada di website tersebut.

Iklan palsu tersebut berasal dari aplikasi advertising yang secara diam-diam dan tidak Anda sadari terinstal pada browser Anda. Virus ini bisa dikenal dengan istilah AdWare.

7. Browser Sering Mengalami Crash
   
Crash pada browser biasanya terjadi ketika aplikasi yang sedang berjalan tidak sesuai ekstensi atau plugin pada sistem browser Anda. Misalnya, flash yang belum di-update, sistem pada website tersebut tidak dapat dipenuhi oleh aplikasi browser Anda. Sehingga hal-hal ini wajar dialami bagi pengguna browser. Namun, hal yang tidak wajar adalah apabila Anda mengalami crash ketika sedang membuka website atau blog yang ringan. Website ringan biasanya rata-rata 500 kb ke bawah untuk diakses.

Jangan khawatir dengan virus-virus tersebut karena semua virus tersebut dapat dicegah dan diatasi dengan menggunakan aplikasi Anti Malware. Aplikasi tersebut dapat kamu unduh di Google Play Store atau penyedia layanan aplikasi lainnya. Virus tersebut juga dapat diperiksa secara manual bagi kalian yang menggunakan PC atau komputer dengan memeriksa di control panel atau ekstensi pada browser yang digunakan.

Nah itulah 7 tanda browser kena virus atau malware dan solusi mengatasinya. Jadi buat Anda, berhati-hatilah dalam mencari informasi yang ada di internet. Karena bisa saja bukan informasi yang akan Anda dapatkan melainkan virus yang dapat merusak browser Anda. (SU)


What's On