Home / News / Traditional Marketing vs Digital Marketing, Apa Perbedaannya?

Traditional Marketing vs Digital Marketing, Apa Perbedaannya?

NataProperty.com, Tangerang - Berdasarkan perubahan pada teknologi digital, Digital Marketing pun ikut semakin lebih maju. Hal tersebut menyangkut website, interaksi media sosial, iklan, dan masih banyak lagi. Singkatnya, Digital Marketing cenderung mirip dengan pengiklanan tradisional, namun menggunakan perangkat digital.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai perbedaan Digital Marketing dan Traditional Marketing agar Anda dapat mengetahui metode pemasaran mana yang terbaik untuk meningkatkan pendapatan dan penjualan produk atau layanan yang ditawarkan. Berikut beberapa perbedaan tersebut:

  • Target Pembaca
    Pada umumnya, masyarakat Indonesia lebih terbiasa dengan pemasaran tradisional, yaitu: iklan dari majalah dan surat kabar atau membaca papan reklame, dimana hal tersebut masih dilakukan setiap saat. Sebagian besar, traditional marketing hanya menjangkau masyarakat daerah setempat.

    Di sisi lain, dengan menggunakan digital marketing Anda dapat menargetkan masyarakat setempat (satu daerah), maupun International. Selain itu, pententuan target pembaca tertentu, yaitu berdasarkan demografis, gender, lokasi, umur, dan interest juga dapat dilakukan.

  • Biaya
    Biaya pengeluaran traditional marketing lebih mahal daripada digital marketing, dimana harga periklanan dengan menggunakan media televisi, radio, dan print material saat ini memerlukan budget yang tidak murah.

    Di sisi lain, digital marketing lebih ekonomis dan cepat dibandingkan dengan traditional marketing, dimana dapat digunakan oleh bisnis kecil dan menyesuaikan dengan budget serta lebih realtime.

  • Komunikasi
    Yang paling merugikan saat ini adalah fakta bahwa traditional marketing bersifat statis, yang berarti tidak ada cara untuk berinteraksi dengan pembaca atau dengan kata lain bersifat 1 arah.

    Hal tersebut lebih seperti Anda menyebarkan informasi agar banyak orang mengenal merek Anda sebagai pilihan terbaik (Brand Awareness) dan berharap mereka memutuskan untuk mengambil tindakan.

    Di sisi lain, digital marketing bersifat 2 arah, yang merupakan strategi efektif untuk memikat konsumen yang berkemungkinan tertarik dengan produk/layanan lebih lanjut. (ST)

So, Let’s Create Your Digital Marketing Strategy with NataProperty!
Silahkan klik di sini untuk informasi lebih lanjut