Home / News / Xinjia Express Hotel, Tempat Karantina Pasien Corona di China Runtuh

Xinjia Express Hotel, Tempat Karantina Pasien Corona di China Runtuh

Nataproperty.com, Tangerang – Virus Coronayang kian mewabah di negara China, membuat pemerintahan tersebut menempatkanpara pasien di sebuah hotel bernama Xinjia Express Hotel. Namun, kabarmengejutkan menyatakan bahwa hotel tersebut runtuh dan memakan sepuluh orangtewas dan puluhan orang terperangkap.

 

Dilansir dari kompas.com, sebanyak848 petugas pemadam kebakaran telah dikerahkan untuk mengatasi permasalahanini, dan terdapat juga 169 pemadam dan 7 ekor anjing pelacak untuk melakukanmisi penyelamatan korban. Guo Yutuan, selaku kepala skuadron unit mobildetasemen polisi bersenjata Quanzhou, menyatakan bahwa tim telah berusahasekuat tenaga untuk menyelamatkan para korban.

 

Penyelidikan terhadap permasalahanmengapa gedung runtuh masih terus dilakukan. Titik penyebab berpotensi karenamasalah struktural, tetapi bisa juga karena pekerjaan renovasi. Renovasi memangtelah dilakukan sejak Januari lalu dan kantor berita Xinhua melaporkan bahwapemilik gedung sudah berada di kantor polisi.

 

CNN Indonesia menyebutkan, terdapat80 orang yang berada di dalam hotel saat terjadi keruntuhan. Sebanyak 9 orangberhasil menyelamatkan diri, 71 orang yang masih terjebak, dan 23 orang yangmasih belum ditemukan. Hotel tersebut memang  dijadikan sebagai tempat observasi bagi pasienyang pernah melakukan kontak dengan penderita Corona, namun 58 orang yangberada di dalam hotel dinyatakan negatif Virus Corona.

 

Keruntuhan hotel terjadi pada Sabtu,7 Maret 2020 malam dan berlokasi di daerah Quanzhou yang berjarak 965 kilometerdari Wuhan. Wuhan telah menjadi tempat munculnya Virus Corona yang memakan hingga3.000 lebih korban jiwa yang terserang virus.(JES)