Home / Tips / Strategi Memasarkan Properti yang Efektif Secara Online untuk Agen Properti Pemula

Strategi Memasarkan Properti yang Efektif Secara Online untuk Agen Properti Pemula

NataProperty.com, Tangerang –  Anda selaku pemasar properti tentunya tidak perlu mengkhawatirkan akan adanya kesulitan dalam memasarkan properti. Sebab, mengingat pangsa properti yang cukup besar dengan tingkat kebutuhan yang terus bertambah setiap tahunnya. Terlebih di jaman yang serba digital seperti sekarang ini. Memasarkanproperti pun menjadi barang yang sangat mudah, karena Anda selaku developer ataupun agen properti bisa memanfaatkan media sosial sebagai lapak Anda.

Setiap saat hampir selalu ada orang-orang yang ingin menjual sekaligus membeli properti dengan berbagai bentuknya, mulai dari lahan, rumah, apartemen, kantor dan masih banyak lainnya. Namun, bagi agen pemula yang masih belum tahu bagaimana cara memasarkan properti yang efektif, berbagai kendala seolah selalu mengikuti. Untuk itu, terdapat beberapa tips berikut ini yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalammemasarkan properti secara online:

Perhatikan Kualitas Properti
Pada saat seseorang ingin membeli sebuah properti, mereka pasti akan membekali diri dengan pengetahuan tentang barang yang akan dibeli. Sekalipun pengetahuannya sedikit, dia pasti dapat membedakan mana produk yang berkualitas dan mana yang tidak.

Untuk itu, perhatikan betul kualitas dari setiap properti yang Anda tawarkan, pelajari secara detail keunggulan dari masing-masing properti yang Anda tawarkan, dan pada saat memberikan penjelasan kepada calon konsumen, beri penekanan terhadap keunggulan dari properti tersebut.


Salah satu misal menjelaskan tentang kualitas dari kayu yang digunakan untuk kusen atau atap rumah, kualitas dari keramik yang menghiasi lantai rumah dan sebagainya.

Pastikan Anda menguasai selling point dari properti yang Anda pasarkan. Karena selling point itulah daya tarik properti Anda.
Ketika memberikan keterangan tentang properti yang sedang Anda jual pastikan Anda menguasai seluruh aspek dari properti tersebut. Baik itu aspek tentang legalitas, kondisi fisik bangunan maupun kondisi lingkungan tempat properti tersebut.

Berikan Harga yang Terbaik
Selain pengetahuan tentang kualitas properti pada umumnya calon konsumen juga sudah mempelajari harga pasar dari barang yang akan dibeli. Karena salah satu cara efektif dalam memasarkan properti adalah dengan memberikan harga yang wajar.

Meski jenis properti yang Anda tawarkan untuk kalangan atas cenderung kurang begitu sensitif terhadap harga, tapi bukan berarti Anda dapat seenaknya memainkan harga. Jika pada saat pertama Anda sudah membuat penawaran dengan harga yang sulit diterima akal, calon pembeli pasti akan kehilangan minat untuk melanjutkan proses transaksi.

Sebagai agen properti Anda tidak boleh menaikkan harga seenaknya. Berapapun penawaran dari calon pembeli Anda harus memberitahu pemilik properti. Pahami bahwa Anda adalah orang yang membantu menjualkan properti tersebut bukan sebagai pemilik. Hak Anda sebagai broker adalah persentase dari harga transaksi yang besarnya maksimal tiga persen.

Berikan Solusi
Adakalanya calon konsumen tertarik terhadap properti yang Anda tawarkan, namun karena suatu hal, dia tidak melanjutkan proses transaksi. Menghadapi persoalan tersebut, Anda bisa bertanya tentang persoalan yang mereka hadapi dan berusaha untuk ikut membantu memberikan solusi.

Salah satu contoh ada calon pembeli yang tertarik dengan rumah yang Anda tawarkan, namun uangnya belum cukup sehingga harus menjual terlebih dahulu rumah yang dia tempati.

Anda bisa membantu calon pembeli dengan ikut membantu menjualkan rumahnya, atau membantu mencari pinjaman dana dengan menggunakan jaminan rumah yang dia tempati dan sebagainya.

Dengan membantu calon pembeli, Anda tidak saja bisa menjual properti yang Anda tawarkan tapi juga memiliki peluang untuk mendapatkan prospek baru untuk dimasukkan kedalam list berupa rumah calon pembeli yang akan dijual.
Dengan membantu menjualkan rumahnya maka Anda juga memperoleh penghasilan tambahan dari komisi. Ya, win win solution kan?

Lakukan Promosi Secara Maksimal
Promosi adalah bagian dari strategi pemasaran yang tidak bisa ditawar. Apapun jenis barang yang dipasarkan, termasuk properti.
Sebaik apapun kualitas rumah dan se-strategis apapun lokasinya jika tidak diikuti dengan cara yang efektif untuk memasarkan properti melalui promosi yang dilakukan, maka hasil pemasaran pun juga kurang maksimal.

Anda pun bisa memanfaatkan media online seperti portal jual beli properti, blog pribadi atau membuat website untuk memasarkan properti tersebut.

Pemasaran selanjutnya yang lebih mudah dilakukan adalah dengan cara memasarkan di sosial media, email dan lain-lain.
Sosial media yang paling bagus untuk memasarkan properti adalah Facebook. Dengan Facebook Anda bisa memasarkan dengan cara menulis di status Anda pribadi atau dengan membuat iklan di Facebook Ads.Facebook Ads membutuhkan biaya untuk menggunakannya, begitupun dengan Google Ads. (ES)