Home / Artikel / Apa itu CRM dan Manfaatnya untuk Bisnis Properti?

Apa itu CRM dan Manfaatnya untuk Bisnis Properti?

Nataproptech.com, Tangerang – Bisnis properti semakin berkembang dengan  kehadiran teknologi, terutama dengan adanya internet. Internet dapat digunakan sebagai media promosi dan dapat meningkatkan penjualan. Terlepas dari kehebatan internet, kini muncul satu aplikasi mutakhir yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis properti.

Nama aplikasi tersebut adalah Customer Relationship Management atau yang lebih dikenal dengan sebutan CRM. Apa itu CRM? CRM adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Selain itu, CRM membantu menarik prospek penjualan, mengkonversi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal.

Lantas, apa hubungan antara CRM dengan bisnis properti? Dengan menggunakan CRM, maka akan memungkinkan para pebisnis untuk mengelola semua aspek yang ada hubungan atau kaitannya dengan pelanggan. Dalam dunia properti, ada tiga fungsi utama CRM, yakni pertama untuk klien yang sedang membeli rumah, kedua untuk klien yang sudah menjual rumahnya, dan ketiga adalah untuk calon pembeli di masa depan.

Dengan menggunakan CRM, perusahaan bisa memahami berbagai situasi segmen tertentu sehingga dapat membuat sistem manajemen yang tepat. Selain itu, terdapat fungsi penting bagi CRM untuk pebisnis porperti. Apakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

CRM Bisa Membantu untuk Mendapatkan Lebih Banyak Klien

Dengan menggunakan software CRM, maka perusahaan properti berpotensi untuk mendapatkan lebih banyak klien dibandingkan dengan tidak menggunakannya. Kenapa demikian? Karena CRM membuat kita bisa tetap terhubung dengan 3 klien masa kini, masa lalu, dan juga masa depan.

Selain itu, CRM juga bisa memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar lebih baik lagi bermodalkan data yang berhasil dikumpulkan. Bahkan aplikasi ini akan membuat agen bisa mengetahui feedback yang diberikan oleh pelanggan tersebut.

Membuat Kinerja Agen Properti Lebih Efektif

Jika kita masih menggunakan cara manual untuk mengola data pelanggan, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Solusi atas permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan CRM. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan CRM agen properti bisa mendapatkan informasi tentang perilaku pelanggandan membantu agen untuk bisa memberikan pelayanan yang efektif.  

Aplikasi CRM bisa menampilkan perilaku pelanggansehingga agen akan dengan mudah memindai sistem untuk bisa melihat mana daftar yang disukai dan mendapatkan klik pada email.

Banyak perusahaan yang beralih menggunakan CRM dari sebelumnya yang masih menggunakan cara manual. Karena CRM ini sudah terbukti meningkatkan efisiensi, mampu menerapkan pemasaran yang lebih efektif, dan juga mampu melayani pelanggan yang sudah ada ataupun calon prospek dengan baik.

 (MDA)