Home / Artikel / Bagaimana Teknologi Telah Mengubah Industri Properti

Bagaimana Teknologi Telah Mengubah Industri Properti

Nataproperty.com, Tangerang – Perkembangan teknologi sudah tidak bisa kita hindari lagi. Saat ini hampir seluruh aspek kehidupan bahkan sudah tersentuh teknologi modern. Dari mulai yang paling mendasar seperti smartwatch untuk kehidupan sehari-hari sampai berbagai inovasi lain yang akan sangat banyak jika disebut satu persatu. Industri properti menjadi salah satu dari sekian banyak hal yang juga ikut terpengaruh teknologi modern. Perubahan ini sudah bisa dilihat dalam banyak hal. Tentunya perubahan ini mengarah pada hal positif. Teknologi industri properti membuat para stakeholder dari mulai pengembang, sales agent, hingga calon pembeli properti merasakan manfaatnya.

Jika kita melihat pada 10 tahun ke belakang, nampak perubahan industri properti yang disebabkan oleh teknologi modern sangatlah besar. Berkembangnya tren digital yang sudah menjamur ke berbagai sisi kehidupan kini juga memegang peran penting pada industri properti. Aktivitas yang semula bersifat konvensional digantikan dengan serba online. Salah satu bukti kemajuan dunia digital adalah hadirnya Aplikasi Mobile (Mobile Apps) untuk industri properti yang bisa diakses melalui smartphone. 


Dengan mobile apps khusus properti atau yang sering disebut sebagai smart property app, maka baik pihak developer, sales agent, maupun calon pembeli akan sangat dimudahkan dalam mendapatkan informasi dan juga bertransaksi. Informasi tentu saja sangat penting bagi calon pembeli. Biasanya harga bukan lagi hal utama yang menjadi perhitungan, namun juga informasi terkait fasilitas, kualitas bangunan, lokasi, dan hal-hal lain yang umumnya ada di brosur penawaran juga menjadi focus utama para calon pembeli. 

Jika tanpa menerapkan teknologi modern, seluruh informasi tersebut bisa membutuhkan waktu lama untuk didapatkan oleh para calon pembeli. Namun dengan aplikasi pendukung properti,semuanya bisa diakses di manapun dan kapanpun. 
Bahkan saat ini telah muncul inovasi baru berupa video 360o. Dengan adanya inovasi terbaru ini, Anda bisa menunjukan unit yang sedang dibangun dalam project terbaru Anda pada calon pembeli. Data yang terintegrasi juga memungkinkan Anda memasang fitur ini di aplikasi pendukung property tadi. Sehingga calon pembeli akan semakin mudah dalam mencari informasi project yang sedang anda bangun.

Teknologi industri properti sudah mengalami perkembangan yang pesat seperti berbagai hal di industri lainnya. Tentunya perkembangan ini masih akan terus mengalami perubahan ke arah positif. Mau tidak mau, para developer pun harus melihat hal ini sebagai sebuah peluang. Setelah itu mengikuti tren yang sedang ramai, khususnya di bidang teknologi, harus dilakukan juga supaya bisnis dapat terus bertahan. (AI)